ADVERTISMENT

Ide

4 Resep Camilan Rumahan yang Mudah Dibuat, dan Bisa Jadi Ide Jualan

Artikel ditulis olehCici Hokiku

Cemilan merupakan sebuah makanan ringan yang cocok untuk dimakan kapanpun, dimana pun, dan dengan siapapun. Ada banyak sekali jenis cemilan yang ada dan bisa kamu temukan di pasar, supermarket, ataupun bisa kamu temukan di pinggir jalan.

Tentu dari setiap jenis cemilan yang ada di pasar, supermarket, ataupun pinggir jalan memiliki ciri khas rasanya masing-masing. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan selera kamu yang kamu miliki sendiri.

Namun jika kamu sedang malas untuk keluar rumah untuk mencari dan membeli cemilan di tempat yang sudah disediakan, kamu sebenarnya bisa untuk membuatnya sendiri dirumah. Tentunya dengan bahan bahan yang mudah dicari dan selalu ada dirumah kamu.

Membuat cemilan rumahan bersama keluarga juga bisa menjadi solusi yang bagus untuk berkumpul dengan asik.

Selain itu kamu juga bisa membuat kreasi resep dengan bahan bahan yang ada di rumah kamu dan menciptakan menu cemilan dengan varian dan rasa yang baru dan berbeda dari yang sebelum nya sudah ada.

Beberapa Resep Cemilan Rumahan

Memasak menjadi keahlian yang biasa dimiliki oleh para wanita, namun sekarang para kaum adam pun sudah mulai banyak yang menyukai kegiatan ini dan sudah mulai lihai dalam memasak apapun itu menu nya.

Namun kali ini kami akan menjelaskan beberapa resep cemilan dengan bahan bahan yang mudah ditemukan di rumah. Mari simak artikel ini hingga akhir agar kamu tidak terlewat dan mahir dalam memasak cemilan dirumah bersama keluarga.

1. Kentang keju

Menu yang pertama yang bisa kamu masak dirumah dan menjadi teman yang baik untuk keluarga yaitu kentang keju. Sebab untuk memasak kentang keju kamu bahan bahan nya mudah sekali untuk ditemukan, seperti:

  • 250 gram tepung terigu protein sedang
  • 1 butir telur
  • 50 gram margarin, lelehkan
  • 1/2 sdt garam halus
  • 75 ml air
  • 175 gram abon sapi kualitas baik

Untuk membuat kentang keju juga tidaklah sulit. Kamu hanya perlu mencampurkan semua bahan bahan tersebut ke suatu wadah/tempat. Lalu kamu bisa mengaduk nya sampai adonan tersebut menjadi lunak dan mudah untuk dibentuk.

Kamu bisa membentuk nya menjadi seperti stick, bulat, atau apapun itu, buatlah adonan tersebut sesuka dan tergantung dengan selera yang kamu miliki. Namun lebih disarankan untuk membuatnya seperti stick.

Jika sudah kamu bisa mulai memasak/menggoreng nya dengan minyak yang cukup banyak hingga adonan tersebut terendam. Kamu bisa memasak nya dengan menggunakan api kecil.

Goreng adonan tersebut hingga berwarna kuning keemasan, lalu kentang keju yang sudah kamu buat dapat disajikan untuk keluarga kamu.

2. Lumpia pisang coklat

Menu yang kedua kamu bisa untuk membuat lumpia pisang coklat, berikut adalah bahan bahan yang harus kamu persiapkan.

  • Kulit lumpia
  • Pisang raja yang sudah matang
  • Meses cokelat
  • Keju milky soft, diparut
  • Putih telur secukupnya untuk perekat

Jika kamu sudah menyiapkan bahan bahan tersebut kamu bisa lanjut untuk proses pembuatan nya.

1. Pertama kamu bisa memotong semua pisang yang ada potong dengan ukuran yang sama.

2. Jika sudah kamu bisa mengambil kulit lumpia lalu taruhkan pisang yang sudah kamu potong-potong diatas kulit lumpia tersebut. Lalu kamu bisa menaburkan meses sebagai cokelat nya dan tambahkan keju parut untuk memperkaya rasa pisang cokelat tersebut.

3. Jika sudah kamu bisa menggulung kulit lumpia yang sudah ditaruhkan pisang dan di taburkan cokelat dan keju parut tersebut. Lalu lumpia pisang cokelat sudah siap untuk digoreng.

4. Angkat kulit lumpia hingga berubah warna menjadi coklat dan kulitnya menjadi garing.

3. Jamur crispy

Berikutnya menu dengan bahan bahan yang mudah ditemukan yaitu jamur crispy. Berikut adalah bahan bahannya.

  • 200 gr jamur enoki, buang bagian bawahnya, pisahkan
  • 175 gr tepung terigu serbaguna
  • 75 gr maizena
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt baking powder
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 2 telur
  • 50 ml air es
  • Minyak goreng untuk menggoreng

Jika kamu sudah menyiapkan semua bahan bahan yang diatas kamu bisa melakukan proses pembuatannya.

1. Yang pertama kamu bisa mencampurkan tepung terigu, tepung maizena, backing powder, merica bubuk, dan juga garam. Kemudian campurkan telur, dan masukan air es lalu kamu bisa mengaduknya.

2. Jika sudah kamu bisa memasukan semua jamur yang sudah kamu siapkan lalu jamur tersebut sudah siap untuk digoreng.

3. Goreng jamur tersebut hingga crispy dan hingga jamur berubah warna menjadi coklat keemasan lalu tiriskan minyak, dan jamur crispy siap untuk disajikan.

4. Mie Gulung Sosis

Nah menu yang ini juga tidak kalah dengan yang lainnya yaitu sosis yang dilapisi dengan mie. Nah berikut adalah bahan bahan yang diperlukan.

  • Mie instan sesuai dengan yang dibutuhkan
  • Sosis sesuai dengan yang dibutuhkan
  • Telur secukupnya
  • Minyak goreng

Jika kamu sudah menyiapkan semua bahan yang di atas kamu bisa melanjutkan proses pembuatannya.

1. Pertama-tama kamu bisa merebus mie instan tersebut sampai matang dan angkat dan sisihkan. Setelah itu potong sosis dengan potongan yang merata lalu kamu bisa menggorengnya hingga setengah matang baru bisa diangkat dan disisihkan.

2. Selanjutnya kocok telur dan campurkan dengan bumbu mie instan agar memperkuat rasa nya. Lalu kamu bisa memasukan mie yang sudah direbus kedalam kocokan telur tersebut dan aduk hingga merata.

3. Selanjutnya kamu bisa menggulung sosis tersebut dengan mie yang sudah di campurkan dengan telur tersebut.

4. Lalu kamu bisa menggoreng nya hingga mie gulung sosis berubah warna menjadi coklat keemasan, dan mie gulung sosis siap di sajikan dan disantap bersama keluarga.

Jadi itu beberapa resep cemilan rumahan yang bisa kamu buat dirumah dengan bahan bahan yang mudah untuk ditemukan. 

Sumber: https://ladara.id

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.