ADVERTISMENT

Ide

Ide Kerajinan Tangan yang Bisa Jadi Peluang Usaha dan Laris di Pasaran

Artikel ditulis olehCici Hokiku

Saat ini terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dan salah satu yang sering dilakukan adalah dengan cara berjualan.

Terdapat banyak ragam benda yang sangat mudah dijual dan salah satu benda tersebut adalah kerajinan tangan.

Dilansir dari laman wikipedia, kerajinan tangan adalah kegiatan seni yang menitik beratkan pada keterampilan tangan dan fungsi untuk mengolah bahan baku yang sering ditemukan di lingkungan menjadi benda-benda yang tidak hanya bernilai pakai, tetapi juga bernilai estetis.

Jenis Kerajinan Tangan yang Laris di Pasaran

Karena alasan fungsi dan nilai seni yang dimilikinya tak heran jika kerajinan tangan menjadi salah satu benda yang paling dicari oleh konsumen.

Untuk kamu yang memiliki keterampilan untuk membuat kerajinan tangan dan berniat untuk membuka usaha kerajinan tangan, berikut adalah lima ide kerajinan tangan yang sangat laku di pasaran dan layak untuk dicoba.

1. Kerajinan tangan resin

Resin merupakan suatu bahan yang berasal dari getah tanaman bersifat cair atau kental yang dapat mengeras pada keadaan tertentu.

Sifat inilah yang umumnya dimanfaatkan oleh para pengrajin untuk membuat suatu bentuk dengan menggunakan cetakan demi mengejar suatu bentuk yang diinginkan.

Beberapa kerajinan yang bisa dihasilkan dari resin antara lain adalah pot, aksesoris hingga gelas yang tentunya sangat laku di pasaran.

2. Kerajinan tangan rajut

Untuk menghasilkan kerajinan ini kamu memerlukan teknik dasar menjahit karena untuk menghasilkan kerajinan ini keahlianmu dalam menjahit akan sangat menentukan hasil dari kerajinan yang kamu hasilkan.

Benda-benda kerajinan yang umumnya dihasilkan dari kerajinan ini adalah syal, boneka, hingga sweater yang tentunya sangat dicari oleh masyarakat.

3. Kerajinan lilin 

Lilin saat ini tidak hanya berfungsi menjadi sumber cahaya ketika listrik dirumah mati, lebih dari itu, lilin saat ini juga dapat berfungsi sebagai pengharum aromaterapi yang akan membuat rumah semakin nyaman.

Untuk membuat lilin ini kamu membutuhkan beberapa bahan diantaranya adalah beeswax, minyak aroma terapi, wadah cetakan dan sumbu.

4. Kerajinan Tangan Aksesoris

Aksesoris merupakan salah satu barang fashion yang selalu hadir dan berkembang dari zaman ke zaman dan ini meliputi cincin, kalung, gelang hingga anting.

Aksesoris tidak akan pernah mati dan selalu memiliki penikmatnya sendiri termasuk bisnisnya maka dari itu tidak heran jika kerajinan aksesoris merupakan salah satu jenis kerajinan yang memiliki banyak peminat.

Kerajinan tangan aksesoris ini dapat dibuat dari berbagai jenis bahan mulai dari logam, plastik, resin hingga sampah yang masih bisa digunakan.

5. Kerajinan tangan makrame

Makrame mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang, namun kerajinan ini beberapa tahun belakangan mulai menjadi tren untuk dijadikan sebagai aksesoris ataupun hiasan pada rumah.

Untuk membuat kerajinan ini keahlian dasar selain kreatifitas yang wajib kamu miliki adalah simpul-menyimpul karena kemampuan tersebut adalah dasar untuk membuat kerajinan makrame.

Itu tadi 5 kerajinan tangan bernilai jual tinggi yang bisa kamu buat dirumah, dan tentunya akan menghasilkan tambahan penghasilan bagi dompetmu.

Sumber: https://ladara.id

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.