ADVERTISMENT

img
Info

Harga Kedelai Naik, Pengrajin Tempe Kena Imbasnya

Harga Kedelai Naik, Pengrajin Tempe Kena Imbasnya
Artikel ditulis olehCici Hokiku

Harga kedelai naik, tempe pun ikut naik.

Harga kedelai saat ini naik ke angka Rp 13.000 per kilogram (kg). Dampaknya harga tempe di pasar naik menjadi Rp 9.000 per papan, dari sebelumnya Rp 7.000/papan.

"Nggak bisa dipungkiri harga kenaikan kedelai membuat tempe terus berangsur naik dari Rp 7.000 menjadi Rp 9.000 per papan karena pedagang sendiri sangat tipis keuntungannya.

Ini kan kedelai ini terus naik harganya ter-update hari ini sekitar Rp 13.000/kg," kata Ketua Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI), Abdullah Mansuri, Kamis (6/10/2022).

Mansuri mengatakan kenaikan harga tempe ini memang menjadi siasat pedagang saat harga kedelai tinggi. Selain itu, ukuran tempe juga ada yang dikecilkan oleh pengrajin, tetapi harga yang ditawarkan normal.

"Kalau yang dikecilkan ukurannya harga tetap atau normal Rp 7.000 atau Rp 7.500 per papan. Tetapi kalau yang papannya normal Rp 9.000/papan sekarang pembeliannya relatif aman, tetapi ya kita juga diteriak-teriakin emak-emak juga sih," jelasnya.

Untuk saat ini, pedagang pasar dan perajin tempe dan tahu tengah berkomunikasi dengan BUMN yang mendapatkan penugasan untuk menyalurkan kedelai impor. Ia berharap harga kedelai bisa turun ke angka Rp 12.000/kg.

Sebagai informasi, harga kedelai yang menjadi bahan baku dari tempe dan tahu ini meningkat menjadi Rp 13.000 per kilogram (kg). Harga itu naik dari bulan sebelumnya masih di level Rp 8.000/kg.

Perajin tempe dan tahu pun mengatakan untuk menyiasati saat kenaikan harga bahan baku itu, salah satunya dengan memperkecil ukuran tempe dan tahu.

"Macam-macam (siasatnya) ada yang mengurangi produksi, ada juga yang mengurangi ukuran, ada juga yang menaikkan harga dan lain-lain. Yang jelas sekarang ini kami susah," kata Ketua Umum Gabungan Koperasi Produsen Tahu Tempe Indonesia (KOPTI) Aip Syarifuddin, Kamis (6/10/2022).

sumber: https://finance.detik.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.