ADVERTISMENT

Info

Peluang Usaha Bonsai, Untung Hingga Ratusan Juta

Artikel ditulis olehCici Hokiku

Di tengah banyaknya usaha yang gulung tikar akibat dampak pandemi Covid-19, namun pedagang tanaman bonsai tidak mengalami itu.

Bahkan di tengah kelesuan ekonomi akibat Covid-19, pedagang tanaman bonsai bisa meraup omzet puluhan hingga ratusan juta rupiah dalam sehari.

Ketua Persatuan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Kabupaten Sidoarjo, Wardoyo menjelaskan, dalam satu hari pedagang bonsai minimal berhasil membawa pulang uang Rp25 juta dari hasil penjualan bonsai dalam gelaran pameran dan kontes bonsai di Sun City Biz Arteri Porong, Sidoarjo.

Harga Tanaman Bonsai

Dalam acara tersebut, ratusan tanaman bonsai yang dipamerkan dibanderol dengan harga mulai Rp500 ribu. Harga itu berlaku untuk pohon bakalan. Sementara itu, untuk bonsai kelas utama harganya bisa mencapai Rp500 juta.

 Lakukan Upaya Ini

"Berbeda lagi dengan tanaman bonsai yang sudah kelas bintang, harganya bisa mencapai milyaran rupiah,” ungkap Wardoyo.

Cukup Menjanjikan

Bisnis tanaman bonsai disebut cukup menjanjikan. Di antara berbagai macam tanaman bonsai, yang banyak dicari penggemar yakni pohon Serut, Santigi, Cemara, Asem, Sancang, Komeng dan Hokiantea.

"Yang paling laku dan dicari penggemar bonsai adalah tanaman bonsai Santigi,” ujar Rizal, salah satu peserta bursa dan pameran.

Rizal membandrol tanaman bonsai miliknya mulai harga ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah. "Kalau yang jenis itu (Santigi) umurnya lebih dari 10 tahun harganya 14 juta rupiah,” imbuhnya.

Peluang Bagus Untuk Usaha Sampingan

Hudiyono menyampaikan bahwa bisnis jual beli tanaman bonsai yang omzetnya mencapai ratusan juta rupiah menjadi peluang bagus di tengah situasi sulit akibat pandemi Covid-19.

Dan juga bisa memanfaatkan waktu luang atau usaha sampingan.

Bisnis yang menyasar pembeli dari kalangan menengah ke atas itu laris lantaran mereka banyak menghabiskan waktu di rumah saja. Alhasil tanaman bonsai menjadi salah satu sarana menambah keindahan rumah mereka.

sumber: https://www.merdeka.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.