ADVERTISMENT

img
Info

Jambore Nasional Kewirausahaan Strategi UMKM dan UKM agar Bertahan dan Berkembang

Jambore Nasional Kewirausahaan Strategi UMKM dan UKM agar Bertahan dan Berkembang
Artikel ditulis olehCici Hokiku

Usaha berorientasi ekspor, UMKM dan UKM menjadi salah satu sektor penggerak perekonomian nasional.

Maka dari itu dibutuhkan beberapa strategi di bidang perdagangan untuk mendorong jenis-jenis usaha ini agar bisa terus berkembang.

Badan Pengurus Pusat Andalan Kelompok usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (BPP AKU) menggelar Jambore Nasional Kewirausahaan Sosial 2022 untuk memperkenalkan dan memperluas dalam bidang perdagangan, diharapkan acara ini juga dapat mengekspos berbagai bidang lain seperti kuliner, budaya, kerajinan dan wisata di Daerah Istimewa Yogyakarata.

"Jambore Nasional Kewirausahaan Sosial 2022 ini adalah Jambore kedua yang pernah kami laksanakan. Lima tahun lalu, tepatnya Bulan April 2017, di Yogyakarta, kami juga pernah melaksanakan Jambore kewirausahaan yang menghadirkan lebih dari 8.000 pelaku usaha ekonomi keluarga se-Jawa dan Bali," kata GKR Mangkubumi, Senin (17/10/2022).

Menurutnya, Jambore kali ini diselenggarakan sebagai upaya kami untuk menghadirkan media silaturahmi, konsolidasi, dan kolaborasi yang konkrit bagi para pelaku usaha mikro kecil khususnya, dengan para pelaku usaha senior yang telah mendapatkan kesuksesan dalam berbisnis.

Dia menjelaskan untuk para pendamping, tokoh dan pemerhati, lembaga intermediasi, pemerintah dan pihak lain yang peduli dengan UMKM, agar mereka yang selama ini bertahan dalam keterbatasan dan pembatasan di era pandemi, kembali meningkat semangatnya, motivasinya, harga dirinya, dan tentunya kapasitas dan kompetensinya guna menyongsong kompetisi di era endemi nanti.

"Saya GKR Mangkubumi, selaku Ketua Pengarah Kegiatan Jambore Nasional Kewirausahaan Sosial 2022 mengucapkan selamat dan sukses atas terselenggaranya kegiatan ini. Semoga UMKM Makin Tangguh, Indonesia Bangkit Lebih Cepat," ujar GKR Mangkubumi.

Kegiatan dalam pameran terdiri dari Seremoni Pembukaan, Pameran dan Gelar Dagang. Selain itu juga dilengkapi dengan kegiatan hiburan, musik, lomba, seni, seminar, pasar rakyat, kuliner dan berbagai kegiatan pendukung lainnya.

Peserta Pameran terdiri dari UMKM & UKM, Lembaga dan Instansi Pemerintah, Kementerian, BUMN dan BUMD, Pelaku Usaha dan Industri. Target pengunjung menyasar Masyarakat Umum, Undangan, Instansi Pemerintah, Pejabat dan Tokoh Masyarakat, Pelaku Usaha Nasional dan Daerah, juga Pelajar dan Mahasiswa.

Rencananya Jambore Nasional Kewirausahaan Sosial 2022 akan dihadiri oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartanto, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X, Ketua Dewan Pertimbangan Kamar Dagang dan Industri Indonesia, Anindya Bakrie, Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto dan GKR Mangkubumi selaku Ketua Pengarah BPP AKU.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.