ADVERTISMENT

img
Info

7 Peluang Usaha Peternakan Saat ini yang Menguntungkan

7 Peluang Usaha Peternakan Saat ini yang Menguntungkan
Artikel ditulis olehCici Hokiku

Bersyukurlah kita hidup di Indonesia, karena negara kita kaya akan sumber daya alam hayati, mulai dari berbagai jenis hewan sampai banyak tumbuhan yang hidup di Nusantara ini.

Begitu juga dengan fauna yang ada di Nusantara, banyak sekali hewan yang tumbuh di Indonesia mulai dari hewan laut, darat, dan udara.Hal ini di sebabbkan karena letak geografis Indonesia hanya memiliki 2 musim yaitu musim kemarau dan penghujan atau beriklim tropis.

Jadi, bukanlah yang sulit untuk melakukan usaha budidaya hewan ternak di Indonesia. saat ini Indonesia sedang membutuhkan 10.000 pengusaha baru untuk meningkatkan perekonomian masayarakat Indonesia.

Karena pengusaha di indonesia hannya 2% dari jumlah penduduk indonesia. Salah satunya pengusaha ternak.

Potensi untuk mendapatkan keuntungan besar dari usaha ternak sangat menjanjikan.

Jika kalian berminat untuk memulai bisnis peternakan, berikut adalah bisnis peterternakan yang paling menguntungkan saat ini.

Bisnis Peternakan yang Paling Menguntungkan Saat Ini

1. Ternak Lebah Madu

Bagi anda yang ingin menjalankan usaha ternak ini, anda akan mendapat keuntungan double yaitu selain harga jual madunya yang mahal, lebahnya juga dapat di jual dengan harga yang mahal pula, selain itu sarangnya juga dapat di jadikan olahan masakan bothok.

Untuk melakukan ternak lebah madu harus memperhatikan suhu dilingkungan sekitar.

Karena suhu yang ada di lingkungan sangat mempengaruhi madu yang dihasilkan oleh lebah.

Selain itu anda juga harus memperhatikan cuaca, karena cucaca yang ekstrim bunga juga jarang di temukan dan produksi lebah akan berkurang dan bahkan lebah juga dapat mati kelaparan.

2. Burung Murai

Seiring berjalannya waktu, permintaan pasar murai terus meningkat. Hal ini membuat budidaya murai menjadi salah satu peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Anda bisa memulai usaha ternak murai dengan modal awal sekitar Rp 30 juta.

Itu sudah termasuk pembuatan kandang dan inkubator.

Modal tersebut dipakai untuk membangun lima kandang dan 5 pasang induk murai.

Dan bila serius menggelutinya, dari lima kandang tersebut Anda bisa mengantongi keuntungan bersih Rp 3.750.000 juta. Dan sudah balik modal hanya dalam waktu delapan bulan saja, cepat bukan ?

3. Ternak Kelinci

Para peminat kelinci tidak hanya untuk menggkonsumsinya saja, tetapi juga untuk di jadikan hewan peliharaan kembali bagi orang yang hobi dengan binatang ini, peminatnya pun juga banyak mulai dari anak anak sampai orang dewasa.

Mungkin harga kelinci konsumsi tidak semahal kelinci untuk di pelihara, namun harganya masih lebih mahal dari hewan kecil lainnya.

Harga kelinci lokal di pasaran di patok kurang lebih Rp.120.000 sampai Rp.150.000 sepasang dan Rp.25.000 sampai Rp.35.000 per ekornya untuk kelinci usia 2-3 bulan. Usia dari kelinci lokal juga terbilang lumayan lama yaitu mencapai 5 hingga 10 tahun.

4. Ikan Gurame

Usaha budidaya ikan gurame merupakan salah satu usaha budidaya ikan air tawar yang juga tidak kalah menguntungkan . Di daerah Jawa Barat ikan gurame dibesarkan hingga berbobot 3-4 Kg.

Tetapi pembesaran seperti itu tidaklah ekonomis karena akan memakan waktu lama dan biaya yang lebih banyak.

Idealnya gurame yang sudah siap dikonsumsi memiliki ukuran 1/2-1 kg.

Di Asia Tenggara dan Tengah ikan gurame adalah salah satu ikan favorit untuk dikonsumsi. Namun di negara lain, ikan gurame biasanya hanya dipelihara di dalam akuarium sebagai ikan hias

5. Ternak Ayam Petelur

Beternak ayam petelur sama seperti beternak hewan lain. Konsumsi telur di indonesia semakin hari semakin meningkat, bukan hanya untuk dimakan oleh masyarakat tetapi juga di jadikan produk yang lebih bernilai harganya contohnya mayones.

Usaha ternak ayam petelur tergolong mudah, karena anda hanya memberikan makan dan perawatan sederhana. Anda juga tidak perlu repot repot untuk mengeluarkan dan memasukan ayam dari kandang.

6. Ternak Ayam Potong

Jenis usaha ini masih banyak dilirik pengusaha muda, namun tidak sedikit pula  yang meninggalkan jenis usaha ini, mungkin karena kurangnya ilmu pengetahuan mengenai usaha ini. Negara kita masih membutuhkan daging ayam dengan jumlah yang banyak.

Biasanya daging ayam potong di gunakan untuk menyuplai restoran, hotel ,dan tempat kuliner lainnya. Dan banyak yang mampu bertahan di bisnis ini hingga akhirnya mendapatkan kesuksesan yang luar biasa.

7. Ternak Lele

Ternak lele juga menjadi andalan pengusaha pemula. Karena bisnis ini tergolong gampang dan membutuhkan modal yang tidak banyak.

Dan hanya dalam waktu tidak kurang dari 3 bulan lele sudah siap untuk dipanen. Jika proses budidayanya dilakukan dengan cara yang modern waktu yang dibutuhkan untuk panen akan lebih cepat.

Dan yang masih membingungkan adalah masih saja ada daerah yang masih kekurangan pasokan ikan lele padahal cara beternaknya saja mudah, contohnya kota Yogyakarta.

Peternak lele lokal jogja belum mampu memenuhi permintaan konsumsi lele di kota sendiri, akhirnya harus membutuhkan pemasok dari luar daerah untuk memenuhi kebutuhan konsumsi lele.

sumber: http://www.searchexceed.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.