ADVERTISMENT

Info

Manfaat dan Kandungan pada Tanaman Kayu Manis Serta Efek Sampingnya yang Harus Kalian Tahu

Artikel ditulis olehCici Hokiku

Kayu manis adalah salah satu rempah yang digunakan sebagai bumbu masak untuk  penyedap rasa. Bukan hanya untuk masakan utama melainkan juga digunakan sebagai bahan tambahan atau penyedap rasa untuk pembuatan kue.

Tidak sampai disitu ekstrak kayu manis juga sering digunakan sebagai minuman herbal karena dikatehui memiliki kandungan yang banyak dan memiliki manfaat yang melimpah.

Kandungan Kayu Manis

Beberapa kandungan kayu manis yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh manusia adalah sebagai berikut :

  1. Minyak asiri eugenol
  2. Safrole
  3. Sinamaldehide
  4. Tannin
  5. Kalsium oksalat
  6. Damar, dan
  7. Zat penyamak

Manfaat Kayu Manis

Dengan kandungan kayu manis yang banyak seperti penjelasan diatas, tentunya hal ini mempengaruhi manfaat kayu manis yang banyak juga. Dibawah ini adalah penjelasan lengkapnya :

1. Mengurangi Rasa Nyeri Ketika Haid

Kayu manis mengandung serat dan protein, sehingga sangat di sarankan untuk di konsumsi wanita ketika haid. Karena dengan kandungan tersebut dapat membantu mengurangi rasa nyeri yang di akibatkan kontraksi otot pada rahim.

Kayu manis juga bermanfaat untuk mengatasi masalah ketidaksuburan. Jadi bagi pasangan suami istri yang belum memiliki anak di sarankan juga untuk mengonsumsinya setrap hari.

2. Mencegah Terjadinya Penggumpalan Darah

Kayu manis bermanfaat juga untuk mencegah terjadinya penggumpalan darah, sehingga jika terjadi radang pada anda atau pembengkakan, maka di sarankan untuk mengonsumsi kayu manis tersebut untuk mencegah maupun mengobati kondisi tadi.

3. Mengurangi Sakit Pada Penderita Rematik

Sitikon pada tubuh manusia yang mengakibatkan terjadinya rematik ternyata dapat di kurangi dengan  memanfaatkan kayu manis. Dengan begitu jika anda terserang rematik secara dadakan misalnya dapat teratasi.

4. Menyeimbangkan Hormon

Cinnamaldehyde adalah salah satu senyawa kimia dalam kayu manis. Senyawa tersebut dapat membantu mengontrol atau menyeimbangkan hormon-hormon dalam tubuh jika di konsumsi secara teratur. Misalnya dapat menurunkan kadar hormon progesteron dan menurunkan hormon testosteron.

5. Mencegah Penyakit Jantung

Kayu manis ternyata juga mengandung anti inflamasi yang dapat mencegah terjadinya penyakit jantung hal ini hampir sama dengan manfaat kapulaga.

Kandungan tersebut yang dapat membantu melindungi jantung dari bakteri atau infeksi pengganggu.

Apalagi banyak di ketahui bahwa penyakit jantung ini kambuh tanpa gejala dahulu, walaupun mereka penderita sering melakukan olahraga secara teratur.

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan merebus kulit kayu manis lalu mengkonsumsinya bukan hanya itu kayu manis juga mengandung kumarin yang berkhasiat untuk mencegah pengumpalan darah dan penyempitan pembuluh darah.

6. Mengontrol Gula Darah

Kayu manis mengandung anti oksidan yang dapat membantu mengontrol gula dalam darah. Misalnya ketika memperbaiki sistem pencernaan dan hormon insulin setelah makan.

Satu gram kayu manis jika dikonsumsi ternyata dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Kandungan dalam kayu manis juga dapat membunuh kolesterol jahat yang tidak di pakai oleh tubuh.

Apalagi tidak semua kandungan dalam makanan dapat membunuh kolesterol jahat ini. Sehingga bisa jadi kolesterol jahat dalam darah lebih banyak di bandingkan dengan kolesterol baik. Maka dari itu sangat di sarankan untuk selalu mengonsumsi kayu manis.

7. Obat Anti Bakteri

Bakteri ada di mana-mana, semua tempat ada bakteri baik maupun bakteri jahat, dan bisa jadi bakteri tersebut masuk ke dalam tubuh.

Jika bakteri jahat yang masuk, belum tentu seseorang akan bertahan, karena setiap orang memiliki tingkat kekebalan tubuh yang berbeda–beda.

Jadi sangat di sarankan mengonsumsi kayu manis untuk menjaga kekebalan tubuh, bisa juga mencampurkannya dengan minuman seperti wedang jahe atau teh hangat.

8. Menghangatkan Tubuh

Kayu manis juga banyak dimanfaatkan untuk menghangatkan tubuh ketika musim dingin tiba misalnya. Contohnya saja ketika masa penjajahan, mereka mengambil rempah-rempah Indonesia untuk di jadikan sebagai penghangat tubuh.

Selain itu kayu manis juga di manfaatkan untuk salah satu bahan obat tradisional China.

9. Sumber Serat dan Mineral

Tubuh manusia memerlukan nutrisi setiap hari. Unsur–unsur tersebut di antaranya serat dan mineral yang di kandung oleh kayu  manis.

10. Mempengaruhi Kesehatan Otak

Fungsi otak anda terganggu, Silahkan kosumsi hasil rebusan kayu manis karena mampu menjaga kesehatan dan fungsi otak dengan baik.

Hal ini disebabkan kayu manis mampu melindungi neuron, dan mampu meningkatkan neotransmitter serta bisa meningkatkan fungsi motorik secara perlahan namun pasti.

Hal lainnya adalah mampu mencegah datangnya penyakit degeneratif misal Parkinson dan Alzheimer yang memiliki sebuah ciri lenyapnya struktur dan fungsi sel-sel otak yang terjadi secara pelan-pelan.

11. Mampu Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang menjalankan program diet, ternyata hasil rebusan kayu manis mampu dijadikan salah satu minuman yang bisa menurunkan berat badan.

Hal ini dikarenakan lemak akan berkurang sehingga lingkar pinggang secara otomatis juga akan berkurang.

Bukan hanya itu Rebusan kayu manis juga mampu mengurangi respon negatif terhadap makanan yang memiliki kandungan lemak yang tinggi. Bagi siapaun yang tertarik menurunkan berat badan tidak ada salahnya mencobanya.

12. Mencegah Proses Penuaan Dini

Kandungan yang terdapat dalam kayu manis mampu meningkatkan kolagen, elastisitas dan hidrasi pada kulit sehingga bisa dijadikan sebagai alternatif untuk mencegah proses penuaan dini.

Dengan mengkonsumsi hasil rebusan kayu putih secara tidak langsung akan mengurangi kerutan yang terdapat pada wajah dan kantung mata.

Kayu manis juga memiliki kandungan Anti bakteri yang mampu menjaga dan melindungi kulit kuman dan bakteri yang menjadi sebab wajah berjerawat.

Dalam dunia kecantikan salah satu bahan yang bisa digunakan untuk awet mudah adalah kayu manis. Silahkan mencoba ramuan ini bila ingin kulit Anda terlihat mulus.

13. Melindungi Dari Radikal Bebas

Manfaat Kayu manis selanjutnya adalah sebagai perlindungan tubuh manusia dari radikal bebas. Hal ini disebabkan kayu manis memiliki kandungan antioksidan yang terdapat pada kulit kayu manis.

Kandungan tersebut sanga berguna dan bermanfaat untuk melawan oksidasi dalam tubuh manusia yang diakibatkan adanya radikal bebas.

Ketahuilah bila radikal bebas masuk kedalam tumbuh tanpa ada penangan serius maka akan menimbulkan beragam penyakit seperti penyakit jantung, diabeter dan kanker.

14. Anti kanker

Dari hasil penelitian membuktikan bahwa ramuan ekstrak kayu manis dapat membantu memusnahkan sel kanker tertentu, salah satunya yang berhasil dimusnakan adalah sel kanker kulit.

Khasiat ini mampu dirasakan oleh siapapun juga asalkan ia mengkonsumsi rebusan atau ekstrak kayu manis secara rutin.

15. Mencegah Diabetes

Manfaat kayu manis lainnya adalah mampu menurunkan gula darah. Mekanisme dalam menurunkan gula darah ada beberapa cara diantaranya adalah :

  • Mengurangi jumlah glukosa yang berada di darah. Hal ini akan mengganggu enzim pencernaan, Lalukarbohidrat dapat diurai perlahan di saluran pencernaan manusia.
  • Kandungan kayu manis mampu bekerja dengan sel dengancara menirukan insulin. akkibatnya mampu menaikan penyerapan glukosa.

16. Meningkatkan Kesuburan Wanita

Salah satu momok serius yang sering dihadapi wanita adalah masalah kesuburan. Namun tenang saja gak perlu risau semua tersebut bisa diatas dengan mengkonsumsi kayu manis.

Menurun penjelasan Natural Fertility Info, kayu manis memiliki manfaat mencegah wanita terkena penyakit PCOS atau Polycystic Ovary.

Kandungan kayu manis yang berupa enzim phosphatidylinositol 3 kinase diketahui bisa melawan dan membasmi penyakit  ovarium.

Bukan hanya itu saja manfaat kayu manis juga mampu memperlancar siklus menstruasi wanita. Jadi bagi wanita yang siklus datang bulannya tidak teratur bisa mencoba racikan atau ekstrak kayu manis.

Efek Samping Kayu Manis

Selain memiliki banyak manfaat yang telah kita ulas diatas, namu yang sering mengkonsumsinya diharapkan selalu hati hati, karena kayu manis memiliki efek samping. Dibawah ini adalah beberapa efek samping kayu manis yang wajib diketahui :

  1. Denyut nadi terjadi peningkatan
  2. Membuat terjadinya
  3. stomatitis, glositis, gingivitis
  4. Wajah memanas dan memerah secara perlahan setelah mengkonsumsi kayu manis
  5. Mampu meningkatkan iritasi dan motitalitas
  6. Bagi yang tidak terbiasa maka akan timbul dermatitis alergi (topikal)
  7. Jangan mengkonsumsi secara berlebihan karena akan menyebabkan efek samping sesak napas dan batuk batuk.
  8. Salah satu penyebab terjadinya hipersensitivitas

Ketahuilah bahwa tidak semua yang mengkonsumsi atau memakan kayu manis mengalami efek samping diatas.

Bila ragu untuk mengkonsumsinya alangkah baiknya konsultasi kepada dokter terlebih dahulu.

Demikianlah ulasan kali ini yang mengungkan mengenai Manfaat Kayu Manis serta Kandungan dan Efek Samping Untuk Kesehatan. Semoga bermanfaat. Selamat mencoba.

sumber: https://agrotek.id

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.