ADVERTISMENT

Info

Rincian Modal Awal Jangka Panjang untuk Memulai Usaha Kue Kering

Artikel ditulis olehCici Hokiku

Perhitungan modal di awal merupakan hal krusial pada fase awal sebuah bisnis karena kamu pasti ingin menekan modal seminim mungkin tapi tidak ingin juga kekurangan modal yang membuat usaha ini tidak berhenti di tengah jalan karena kehabisan modal.

Modal awal berjualan kue kering

Meskipun pada fase awal banyak alternatif yang bisa dipilih untuk menekan modal dan salah satu caranya adalah dengan menggunakan alat dan bahan yang ada di dapur tapi bukan berarti modal di awal tidak lagi penting.

Justru perencanaan modal di awal sangat penting setidaknya untuk menjadi acuan dalam pengembangan bisnis kedepannya dan dalam menentukan harga jual yang layak.

Pada artikel kali ini kita akan merinci satu persatu alat dan bahan yang dibutuhkan untuk memulai usaha berjualan kue kering yang bersifat jangka panjang.

Alat

Untuk memudahkan proses pembuatan adonan kue kering tentu saja kamu membutuhkan alat-alat yang mendukung kegiatan tersebut dan berikut alat serta rincian harganya:

1. MIXER 

Untuk harga mixer bergantung pada bentuk serta kualitas yang berkisar antara 100 ribu hingga satu juta.

2. OVEN

Serupa dengan mixer, harga oven juga cukup bervariasi, tergantung pada kualitas serta merek dengan harga yang berkisar antara 500 ribu hingga dua juta.

3. LOYANG

Untuk usaha kue kering kamu pasti membutuhkan banyak loyang saat ini harga loyang di pasaran berkisar antara 20 Ribu hingga 100 ribu per biji yang dapat kamu kumulasikan sesuai kebutuhan.

4. TIMBANGAN DIGITAL

Konsistensi rasa merupakan hal penting dalam bisnis ini maka penting bagi kamu untuk memiliki timbangan digital yang berkisar antara 60 ribu hingga 200 ribu.

Bahan

Bahan yang diperlukan untuk membuat kue kering sangat bergantung pada kue apa yang ingin dihasilkan dan juga resep yang kamu buat.

Maka dari itu untuk rincian modal bahan sangat bergantung dengan bahan apa yang digunakan pada proses pembuatan kue.

Berikut beberapa rincian modal untuk bahan-bahan penting yang sudah pasti digunakan oleh semua usaha kue kering:

1. PACKAGING

Packaging merupakan hal penting untuk mengemas bahkan untuk membangun persepsi maka dari itu pilihlah packaging yang menarik untuk kue-mu, dan harga packaging di pasaran saat ini berkisar antara 5 ribu hingga 10 ribu.

2. PITA

Sebagai penambah aksen dan untuk membuat kesan, harga pita di pasaran berkisar antara 4 ribu hingga 12 ribu.

3. LISTRIK DAN AIR

Untuk bahan yang satu ini sangat tergantung pada pemakaian dan kuantitas kue yang dihasilkan.

4. LAIN-LAIN

Modal ini adalah modal yang perlu kamu persiapkan untuk kebutuhan-kebutuhan tidak terduga yang bisa datang kapan saja.

Itulah tadi rincian modal jangka panjang sederhana yang dapat kamu jadikan acuan untuk menentukan modal untuk berjualan kue keringmu yang akan dirintis.

Sumber: https://ladara.id

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.