ADVERTISMENT

img
Tips

7 Tips Jualan Online Untuk Pemula

7 Tips Jualan Online Untuk Pemula
Artikel ditulis olehWisnu Saputro

Kami rangkumkan 7 tips dari para pakar “Bagaimana cara terbaik untuk mencoba bisnis jualan online?”.

1. Membuat Strategi SEO

Saat jualan online, kalian tidak bisa mendatangkan orang untuk membeli secara tidak disengaja, kebanyakan dari mereka mengunjungi produk/jualan kita melalui pencarian yang spesifik.

Jadi, kalau Search Engine Optimization (SEO) dilakukan dengan benar dengan strategi yang ok, konsumen secara organik dapat menemukan produk kalian. Kedengarannya menyeramkan ya? tapi SEO adalah cara pasti untuk memastikan bahwa target pasar dapat menemukan kalian di mesin pencari.

2. Pilih Platform yang Tepat

Banyak sekali platform yang menyediakan layanan jual-beli online di internet. Seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan lain-lain. Pilihlah yang paling tepat, atau jika mampu mengelola lebih dari satu akan lebih baik. AnekaUKM.com juga bisa menjadi alternatif pilihan untuk menjual, sewa atau posting pencarian sesuatu.

3. Kurangi Gesekan

Meminimalkan gesekan pelanggan adalah faktor #1 dalam menentukan apakah kalian berhasil menjual produk secara online. Lakukan semua yang kalian bisa untuk memastikan pelanggan mendapatkan pengalaman terbaik yang mungkin dimulai dengan informasi yang dibutuhkan pelanggan untuk melakukan pembelian, seperti deskripsi produk yang kuat dengan posisi yang tepat, gambar, video ke testimonial dan ulasan pelanggan, hingga detail tentang pajak, pengiriman, dan pengiriman.

4. Jangan Biarkan Pelanggan Pergi

Salah satu larangan terburuk yang saya lihat di toko online baru adalah tautan media sosial yang menonjol, baik di header situs web atau di tempat lain di halaman beranda.

Begitu seseorang melihat logo Facebook atau Instagram itu, mereka akan teralihkan untuk membeli dari kalian dan terpikat oleh keterlibatan yang dibawa oleh media sosial tersebut.

Jika kalian ingin menyertakan tautan sosial, simpan di footer situs web, dan berhati-hatilah. Jangan sampai kalian kehilangan pelanggan yang tertarik dengan sesuatu selain produk kalian.

5. Investasikan di Situs Web Kalian Sendiri

Dalam dunia belanja online, orang tidak akan tertarik belanja di situs web yang menampilkan gambar tidak menarik atau deskripsi produk yang ditulis dengan buruk. Kalian bisa berinvestasi dengan sewa web developer untuk membantu membangun situs web kalian yang bekerja secara kohesif dengan platform eCommerce pilihan kalian.

6. Hidup Secara Digital

Wah apaan sih nih? hehe sabar dulu, jadi maksudnya begini: 

Kalian harus ada di mana-mana. Kalian perlu hidup dan bernafas digital. Maksudnya, kalian harus tahu segala hal tentang bisnis online. Luangkan waktu lebih banyak untuk mempelajari bisnis online.

Kalian harus memiliki situs web dan halaman media sosial. Kalian harus menjalankan iklan, menulis blog, dan membuat video YouTube atau memposting produk di pasar online.

7. Temukan Titik Penjualan Unik Kalian

Untuk menjadi penjual online yang sukses, temukan titik penjualan unik kalian. Apa pun jenis produk kalian, walaupun sudah ada ribuan produk sejenis yang juga melakukan jualan online. Lakukan analisis terhadap pesaing kalian dan temukan apa yang tidak mereka miliki tetapi kalian miliki, jadikan itu nilai lebih kalian. 

Itulah 7 hal yang perlu dicoba ketika kalian tertarik untuk memulai jualan produk/jasa secara online.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.