ADVERTISMENT

img
Tips

Begini 4 Tips yang Harus Kalian Coba Agar Ikan Mas Tidak Bau Tanah Ketika Dikonsumsi

Begini 4 Tips yang Harus Kalian Coba Agar Ikan Mas Tidak Bau Tanah Ketika Dikonsumsi
Artikel ditulis olehCici Hokiku

Ikan mas bisa diolah jadi ragam sajian dan masakan yang sedap, Namun jika cara menyiapkannya kurang tepat, ikan mas masih akan terasa bau tanah atau lumpur ketika diolah. Supaya tidak bau tanah, ada sejumlah tips memasak ikan mas yang perlu diperhatikan.

1. Baluri Ikan dengan Garam

Ikan mas yang sudah dicuci bersih dan dibersihkan insang serta isi perutnya bisa dibaluri dengan garam. Baluri seluruh permukaan ikan mas dengan garam termasuk di bagian-bagian yang tersembunyi atau sela-selanya. Diamkan selama sekitar 30 menit. Bau tanah atau bau lumpur akan diikat oleh garam. Setelah itu, ikan bisa dibilas dengan air mengalir untuk kemudian dibumbui atau diolah sesuai selera.

2. Rendam Ikan dalam Buttermilk

Ikan mas yang sudah dibersihkan bisa direndam dalam buttermilk. Buttermilk bisa menjadi bahan yang cukup efektif untuk menghilangkan bau tanah dan bau lumpur ikan. Rendam ikan di dalam buttermilk selama sekitar satu jam di dalam kulkas. Dengan proses ini, rasa daging ikan juga bisa lebih gurih ketika diolah atau dibumbui.

3. Lumuri dengan Air Perasan Jeruk Nipis

Siapkan air perasan jeruk nipis untuk melumuri ikan mas. Lumuri permukaan ikan mas secara merata. Kucuri juga bagian kepala atau sela-sela perut ikan dengan air perasan jeruk nipis. Setelah itu, diamkan selama sekitar 30 menit. Kemudian, bilas dengan air mengalir untuk kemudian diolah sesuai selera. Air perasan jeruk nipis ini bisa juga diganti dengan air perasan jeruk lemon.

4. Rendam Ikan dalam Larutan Baking Soda

Baking soda juga bisa dipakai untuk menghilangkan bau tanah ikan. Caranya siapkan sekitar 2,5 liter air. Larutkan 1 sdm baking soda dan 1 sdt garam di dalamnya. Kemudian, rendam ikan mas selama sekitar 5 jam di dalamnya. Volume air dan perbandingan baking soda bisa disesuaikan dengan banyaknya ikan mas yang akan diolah.

Ada baiknya ikan mas yang akan diolah atau dimasak masih dalam keadaan segar. Ikan mas segar pastinya memiliki rasa yang lebih enak untuk diolah. Itu tadi beberapa tips memasak ikan mas yang bisa dicoba. Semoga infonya bermanfaat!

sumber: https://www.fimela.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.