ADVERTISMENT

img
Tips

Ini dia Jurus Produk UMKM Laris Manis: Buat Kemasan yang Mengesankan

Ini dia Jurus Produk UMKM Laris Manis: Buat Kemasan yang Mengesankan
Artikel ditulis olehAhmad Saleh

Kemasan kerap disebut sebagai silent salesman yang bisa meningkatkan penjualan suatu produk. Oleh karena itu, pelaku usaha harus berupaya membuat kemasan yang menarik dan mengesankan bagi konsumen.

Dalam talkshow Pahlawan Digital UMKM bertajuk "Kemasan Manis Jadi Penglaris", Senior Public Policy and Government Relations (PPGR) Tokopedia Awe Tsamma mengatakan, kemasan yang baik tetapi tidak berlebihan bisa meningkatkan nilai produk dan penjualan.

Tidak berlebihan artinya kemasan sebisa mungkin harus ramah lingkungan. Sebab, saat ini konsumen sudah semakin sadar soal pentingnya menjaga lingkungan.

"Untuk barang sensitif (fragile), tidak apa-apa menggunakan bubble wrap, tapi jangan berlebihan. Jadi packaging itu membuat barang yang dikirim aman, tetapi tidak terlalu banyak waste materials," kata Awe dalam talkshow yang disiarkan melalui kanal YouTube Kementerian Koperasi dan UKM, Kamis (22/9/2022).

Kemasan ramah lingkungan ini telah digunakan oleh merek fesyen lokal THENBLANK.

Founder THENBLANK Mutiara Kamila menggunakan kantong belanja yang terbuat dari singkong (cassava bag) untuk mengemas produk THENBLANK. Timnya juga membuat konten untuk menjelaskan keunggulan cassava bag yang ramah lingkungan, yakni bisa hancur saat dilarutkan dalam air panas.

"Ketika dapat cassava bagcustomer ambil air panas, dilarutkan, dan ternyata benar cassava bag-nya hancur. Akhirnya mereka buat story (di media sosial), disebarluaskan. Jadi mereka punya experience juga. Ini menunjukkan betapa powerful-nya packaging, bisa kasih value lebih buat brand," ujar Mutiara dalam talkshow yang sama.

Cassava bag telah memberikan kesan kepada konsumen bahwa THENBLANK adalah produk fesyen ramah lingkungan. Menurut Mutiara, saat ini sekitar 55% penjualan produk berkat identitas ramah lingkungan tersebut.

Untuk terus menjaga identitas produk ramah lingkungan, THENBLANK akan membuat program daur ulang kemasan. THENBLANK akan mengumpulkan kemasan kardus tak terpakai dari para konsumen untuk didaur ulang menjadi buku catatan.

Selain itu, THENBLANK juga memanfaatkan kemasan untuk berkomunikasi dengan konsumen, yakni dengan menyematkan kutipan-kutipan terkait identitas produk.

Hal serupa dilakukan oleh Bartega Studio. Sejak pandemi Covid-19, Bartega menjual kit melukis.

Bartega Studio menyematkan kutipan pada kemasan untuk mendorong para konsumen berkreasi dengan kit melukis tersebut. Hal itu sesuai dengan identitas Bartega, menjual experience kepada konsumen.

"Selain memastikan produk terkirim dengan aman, yang lebih penting adalah packaging bisa elevate identitas produk. Kami ingin konsumen yang lebih berkreasi, jadi kami bikin quotes positif yang encouraging pada kemasan, jadi konsumen merasa tergerak untuk berkarya," tutur Co-Founder Bartega Studio Nadia Daniella.

Tonjolkan kemasan menarik di e-commerce
Dalam talkshow tersebut, Awe memberikan tiga tips bagi pelaku UMKM yang akan memasarkan produknya di e-commerce, khususnya di Tokopedia.

Pertama, pastikan nama produk ditulis dengan benar sesuai produk tersebut, sebab konsumen akan mencari produk melalui kolom pencarian. Kedua, manfaatkanlah fitur sejumlah foto untuk menampilkan produk dan kemasan yang menarik minat konsumen.

"Tokopedia memfasilitasi bisa lima foto, jadi jangan cuma tampilkan satu foto. Maksimalkan yang sudah disediakan Tokopedia untuk memperkuat pesan dari brand," kata Awe.

Tips ketiga, jelaskan produk yang dijual dalam fitur "deskripsi produk" dengan detail, sesuai identitas produk tersebut.

"UMKM pemula banyak sekali yang tidak memperhatikan deskripsi produk. Padahal, bagaimana pelaku UMKM menyampaikan value produk itu kan melalui deskripsi," ujar Awe.

Sumber : CNBC Indonesia

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.