ADVERTISMENT

img
Tips

Beberapa Penyebab Bisnis Bangkrut Yang Harus Dihindari Pebisnis Pemula

Beberapa Penyebab Bisnis Bangkrut Yang Harus Dihindari Pebisnis Pemula
Artikel ditulis olehAfiqurahman

Penyebab bisnis bangkrut – Alasan orang berbisnis salah satunya adalah ingin sukses dan mendapatkan profit. Akan tetapi, kamu harus siap jika suatu saat bisnis kamu bangkrut. Untuk menghindari hal tersebut, kami telah menyiapkan beberapa penyebab pebisnis pemula bangkrut.

Semangat berbisnis perlu ditanamkan, jatuh bangun adalah hal yang pasti akan terjadi. Pebisnis hebat adalah pengusaha yang bisa bangkit setelah kegagalan.

Penyebab bangkrut dibawah ini bisa menjadi parameter ketika suatu saat bisnis kamu mulai goyang. Sebaiknya hindari beberapa hal berikut ini.

Penyebab Pebisnis Pemula Usahanya Bangkrut

Berikut ini adalah beberapa penyebab bangkrut usaha para pebisnis pemula:

1. Tujuan Bisnis yang Tak Pasti

Penyebab bisnis bangkrut adalah tujuan bisnis yang tidak pasti. Sebelum memulai bisnis, bagusnya tujuan sudah terencana dengan matang agar menjadi penyemangat jika suatau waktu kehilangan semangat.

2. Manajemen Bisnis Buruk

Akar penyebab banyak perusahaan bangkrut adalah manajemen yang buruk. Pemilik bisnis baru sering kekurangan manajemen bisnis dan keterampilan di berbagai bidang seperti keuangan, penjualan, produksi, dan rekrutmen serta manajemen karyawan. Kecuali mereka mengenali langkah yang salah dan mencari bantuan, pemilik bisnis mungkin akan segera menghadapi ancaman kegagalan.

3. Lokasi Kurang Strategis

Lokasi merupakan faktor penting dalam kesuksesan bisnis. Lokasi yang strategis memungkinkan perusahaan untuk bertahan, dan bahkan jika perusahaan terorganisir dengan baik, lokasi yang salah dapat menyebabkan bencana.

Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan:

  1. Posisi pesaing
  2. Dimana pelanggannya?
  3. Lalu lintas, aksesibilitas, parkir
  4. Kondisi dan keamanan bangunan
  5. Rencana insentif lokal untuk start-up di wilayah target

4. Kekurangan Modal

Penyebab bisnis bangkrut salah satunya adalah kurangnya modal. Sebenarnya modal yang kurang adalah pengeluaran yang melebihi dari rencana. Carilah modal dahulu, entah itu berupa ilmu atau uang. Banyak cara para pebisnis mendapatkan modal, ada yang berasal dari investor, hutang atau uang keluarga.

5. Kurangnya Perencanaan

Siapapun yang pernah mengadakan acara sukses tahu bahwa jika Anda tidak hati-hati, tidak memiliki rencana strategis dan bekerja keras, kesuksesan tidak akan mengikuti. Hal yang sama berlaku untuk kesuksesan komersial.

Semua jenis bisnis membutuhkan rencana. Banyak usaha kecil gagal karena kelemahan mendasar dalam rencana bisnis mereka. Perencanaan harus realistis dan didasarkan pada informasi dan prakiraan yang akurat dan terkini untuk masa depan.

6. Tidak Mempunyai Brand Yang Kuat

Anda mungkin memiliki produk atau layanan berkualitas tinggi yang banyak diminati, tetapi bisnis Anda masih gagal. Mungkin ada masalah dengan metode Anda, atau Anda tidak kuat dalam proposisi nilai. Ketika permintaan kuat, Anda mungkin memiliki banyak pesaing dan tidak dapat menonjol di antara mereka.

Apa yang membuat bisnis Anda berbeda dari pesaing Anda? Bagaimana Anda menjalankan bisnis dengan cara yang benar-benar unik? Dapatkah pesaing Anda melakukan lebih baik dari Anda? Akibat dari kurang kuatnya brand, pembeli mudah melupakan produk kamu.

7. Kurang Pengalaman Bisnis

Pengalaman disini lebih ke pengalaman memimpin sesuatu. Yang namanya pemula pasti belum mempunyai pengalaman berbisnis. Tetapi kamu bisa lo mencari pengalaman tersebut. Menjadi reseller adalah salah satunya. Cari suplier dan jual kembali dengan harga yang lebih mahal.

Aneukm.com adalah sebuah marketplace yang akan membantu produk kamu mudah bersaing di media online. Situasi pandemi seperti ini para UMKM wajib untuk meng go-online kan bisnisnya. Kami tunggu di aneukm.com. Percayakan pada kami dan rasakan manfaatnya. Terima kasih.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.