ADVERTISMENT

img
Tips

Tips dan Hal yang Harus Diperhatikan untuk Memulai Bisnis Kelapa Sawit dengan Baik Agar Hasil Maksimal

Tips dan Hal yang Harus Diperhatikan untuk Memulai Bisnis Kelapa Sawit dengan Baik Agar Hasil Maksimal
Artikel ditulis olehCici Hokiku

Kelapa sawit adalah komoditas dan peluang bisnis yang sudah terbukti bisa memberikan keuntungan cukup tinggi. Perkebunan kelapa sawit banyak kita temui di Pulau Sumatera dan Kalimantan.

Kelapa sawit yang merupakan bahan baku dalam pembuatan minyak goreng menjadi bisnis andalan para pengusaha di Indonesia. Anda juga bisa mencoba peruntungan peluang usaha ini dan memulainya dengan langkah-langkah sebagai berikut.

Tips dan Tata Cara  Memulai Bisnis Kelapa Sawit

1. Persiapkan Lahan untuk Menanam

persiapan lahan kelapa sawit

Hal pertama yang harus Anda siapkan tentu saja mempersiapkan lahan. Lahan yang dibutuhkan untuk menanam kelapa sawit bisa dikatakan cukup luas karena kalau ingin hasilnya terasa nyata penanaman harus massal.

Anda bisa membeli lahan yang letaknya berada di pinggiran atau dekat dengan hutan agar harganya bisa lebih murah.

Namun pastikan juga bahwa lahan tersebut diperoleh secara legal. Jangan lupa juga pertimbangan tentang kemudahan transportasi dari dan menuju area lahan tersebut.

Lahan untuk menanam kelapa sawit akan lebih bagus jika berupa tanah yang mengandung banyak mineral jika dibandingkan rawa ataupun gambut. Anda bisa menanam sekitar 136 hingga 140 pohon kelapa sawit dalam setiap hektar lahan tersebut.

2. Siapkan Bibit yang Unggul

Setelah Anda mendapatkan area yang tepat untuk dijadikan sebagai lahan penanaman kelapa sawit sekarang saatnya memilih bibit yang bagus.

Panen kelapa sawit akan memuaskan kalau Anda memulainya dengan menanam bibit yang memiliki kualitas unggul dan bersertifikat. Pilih bibit kelapa sawit yang memang sudah diketahui bagaimana sifat dan kelebihannya.

Setidaknya ada 2 jenis bibit kelapa sawit yang bisa Anda pilih yaitu berupa biji atau tanaman berukuran kecil. Sangat disarankan untuk tidak menggunakan bibit berupa biji yang berasal dari alam karena Anda belum tahu bagaimana kualitasnya.

Perlu dicatat bahwa bibit menjadi hal yang sangat penting kalau Anda ingin menjalankan bisnis bahan baku minyak goreng tersebut.

3. Rekrut Tenaga Kerja yang Kompeten

merekrut tenaga kerja bisnis kelapa sawit yang kompeten

Mengelola kebun kelapa sawit tidak mungkin bisa Anda lakukan sendirian itu artinya harus melibatkan orang lain. Ya, Anda harus mencari dan merekrut tenaga kerja yang memiliki kompetensi untuk menggarap kebun kelapa sawit. Sebelumnya Anda harus memahami dulu bahwa biaya untuk pegawai ini memang tidak sedikit.

Namun bagaimanapun bisnis Anda hanya akan berhasil dengan bantuan orang yang mempunyai kemampuan mengelola dan merawat tanaman kelapa sawit. Biaya dan modal untuk bayar pegawai ini nantinya akan kembali kepada Anda dalam bentuk keuntungan yang lebih besar.

4. Faktor Lain yang Harus Diperhatikan

Rasanya kita sudah cukup sering mendengar tentang banyaknya pelanggaran hukum yang terjadi akibat pembukaan lahan kelapa sawit. Oleh sebab itu Anda juga harus memperhatikan faktor-faktor lainnya yang tidak kalah pentingnya.

5. Jasa Manajemen yang Tepercaya

Di dalam bisnis perkebunan kelapa sawit dikenal adanya jasa manajemen yang bertugas untuk mengelola lahan. Jasa manajemen perkebunan sawit biasanya juga memberikan pendidikan tentang pengelolaan lahan dengan cara yang baik.

Pilihlah manajemen yang telah memiliki reputasi baik dan tepercaya kalau memang Anda akan menggunakan jasanya. Biasanya jasa manajemen yang tepercaya selalu mengutamakan survei dalam rangka mempertahankan kelestarian lingkungan sekitarnya.

6. Pastikan Legalitas Lahan Sawit

Kalau tidak ingin berurusan dengan hukum suatu saat nanti pastikan Anda memilih lahan perkebunan yang legal. Jangan memilih lahan untuk kelapa sawit pada kawasan hutan lindung atau hutan gambut yang dijadikan sebagai konservasi alam.

Pemilihan lahan sebaiknya juga mendukung pelestarian alam dan tidak merusak ekosistem di sekitarnya.

Itulah langkah dan cara untuk memulai bisnis kelapa sawit agar sukses dan hasilnya memuaskan. Sebaiknya lakukan bisnis dengan cara yang benar dan tidak membuka lahan kelapa sawit pada area yang berpotensi merusak lingkungan.

Dengan begitu, sembari meraih keuntungan dari berbisnis, Anda juga tetap berkontribusi terhadap kelestarian lingkungan dengan tidak merusaknya.

sumber : https://www.daya.id

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.