ADVERTISMENT

Tips

Pelajari Dulu 5 Hal Berikut Sebelum Memulai Usaha Laundry

Artikel ditulis olehAhmad Saleh

Pakaian merupakan hal yang selalu perlu di bersihkan dengan dicuci dan disetrika. Sebagai salah satu kebutuhan sehari-hari, membuat bisnis laundry hingga saat ini masih jadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Bisnis yang ramah untuk pemula ini relatif mudah direalisasikan karena skalanya yang bersifat rumahan dan jangkauannya dekat. Ditambah lagi, masih banyak orang yang tidak memiliki waktu dan menuntut kepraktisan dalam mencuci baju di tengah-tengah kesibukannya.

Akan tetapi, banyak hal yang perlu untuk diperhatikan agar bisnis cuci setrika ini bisa bersaing dan tetap eksis. Berikut lima hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai usaha laundry:

1. Pemilihan Lokasi

Hal pertama yang perlu jadi pertimbangan ialah pemilihan lokasi. Usaha laundry perlu berada di lokasi yang terjangkau dan strategis, seperti pusat mahasiswa atau karyawan agar bisa menjadi target calon pelanggan Anda. Selain itu, pilih juga lokasi yang ‘terlihat’ agar pelanggan dapat dengan mudah menjangkaunya seperti di tengah-tengah pemukiman, di sisi jalan, maupun di persimpangan jalan yang ramai dilewati.

2. Riset Pesaing

Bisnis laundry bukan lah bisnis yang baru di masyarakat, oleh sebab itu tentu kamu akan memiliki pesaing mengingat bisnis ini kerap dijumpai. Riset pesaing penting dilakukan, agar Anda mengetahui strategi pemasaran seperti apa agar lebih unggul dari pesaing yang sudah menguasai di lokasi yang Anda pilih.

Kendati demikian, akan lebih baik dan berpotensi apabila lokasi yang ada pilih belum memiliki jasa laundry di sekitarnya, sehingga Anda tidak memiliki pesaing untuk dipertimbangkan.

3. Standar Pelayanan yang Baik

Sebagai bisnis yang bergerak di bidang jasa cuci setrika, kepuasan pelanggan akan menjadi prioritas utama. Oleh sebab itu penting untuk memiliki standar pelayanan dari segi ketepatan waktu laundry, keramahan pelayanan, fasilitas antar jemput, hingga kualitas cuci setrika yang berkualitas. Dengan mematangkan hal ini, maka pelanggan pun akan tertarik untuk kembali menggunakan jasa laundry Anda. Baca juga: Meraup Untung Puluhan Juta dari Budidaya Bunga Bougenvile

4. Menentukan Harga

Di tengah persaingan laundry yang cukup sengit, kamu perlu memperhitungkan harga yang tepat untuk target pelanggan Anda. Riset harga pesaing dan biaya hidup di sekitar lokasi Anda penting dilakukan. Selain agar pelanggan dapat harga yang sesuai, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan yang sesuai juga. Jangan lupa juga untuk memberikan harga yang sepadan dengan kualitas yang akan ditawarkan.

5. Manajemen Keuangan

Hal terakhir namun penting untuk diperhatikan dalam memulai usaha laundry adalah manajemen keuangan yang baik. Sebagai penggerak bisnis, arus keuangan perlu dijaga dan memiliki pembukuan yang baik. Dengan memiliki arus kas yang sehat, usaha laundry Anda dapat berkembang dan memiliki peluang untuk upgrade

sumber  kompas.bisnis

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.