ADVERTISMENT

img
Tips

Kunci Sukses Berwirausaha: Mental, Keyakinan, dan Niat yang Kuat!

Kunci Sukses Berwirausaha: Mental, Keyakinan, dan Niat yang Kuat!
Artikel ditulis olehCici Hokiku

Tentunya hampir setiap orang mau menjadi seorang pengusaha. Tapi hanya sedikit yang serius mewujudkannya dengan aksi nyata.

Salah satu faktor penghambatnya adalah pola pikir dan mental yang belum siap mandiri dan kegagalan.

Modal utama menjadi pelaku usaha tidak melulu soal uang, namun keyakinan kuat yang ada dalam diri untuk mampu menghadirkan ide dan inovasi.

Keyakinan ini otomatis akan memacu keberanian diri dalam mengambil risiko untuk mewujudkan inovasinya hingga menghasilkan dampak yang nyata.

“Permodalan tidak selalu menjadi hal yang utama untuk berwirausaha, tapi yang terpenting adalah mengenai mental dan mindset menjadi pengusaha.

Seseorang menjadi wirausaha tidak selalu karena kemauan, namun bisa jadi karena accident

Faisal mengatakan dalam berwirausaha juga harus memiliki pola pikir produktif, kreatif, inovatif menjadi hal yang dibutuhkan untuk menjalankan suatu usaha.

Karena menjadi pelaku usaha tidak selamanya mulus dalam mengembangkan usahanya. Ada beberapa hambatan yang mungkin saja dialami oleh mereka saat akan membangun suatu usaha.

Maka dari itu, dengan niat dan tekat yang kuat dalam berwirausaha tentu akan mampu mengembangkan bisnis dengan pantang menyerah.

Memiliki mental dan mindset menjadi pengusaha dapat dilihat dari keseriusan dan waktu yang dilakukan seseorang dalam mengembangkan bisnisnya.

Selanjutnya adalah berkolaborasi juga menjadi hal yang penting dalam berwirausaha.

Contohnya saat mengalami kesulitan, sangat wajar jika meminta saran dan bantuan kepada pihak lain. Untuk mendapatkannya pelaku usaha perlu melakukan kolaborasi bisnis.

Kolaborasi dalam bisnis tentu akan memberikan berbagai manfaat selain saling membantu antar pelaku usaha.

Misalkan dengan menawarkan produk secara bersamaan atau saling bertukar ide dan informasi. Selain itu, berkolaborasi juga bisa mendapatkan pelajaran hal baru untuk bisa meningkatkan kemampuan usaha serta value.

“Di tengah masa pandemi, berkolaborasi merupakan salah satu hal yang penting khususnya bagi UMKM. Sebagai contoh, pemerintah tidak bisa berjalan sendiri untuk membantu UMKM bertahan tentu butuh pihak swasta dan masyarakat agar lebih mudah. Begitu juga dengan pelaku usaha, berkolaborasi menjadi kunci saat ini,” tambahnya.

Sahabat UMKM menjadi salah satu komunitas yang fokus untuk memberdayakan masyarakat khususnya pengembangan UMKM di Indonesia.

Guna mendorong pelaku UMKM untuk tetap bertahan, Sahabat UMKM melakukan kolaborasi dengan pihak akademisi atau praktisi.

Mulai dari pelatihan dan pendampingan secara online, akselerator, hingga membantu mempercepat digitalisasi UMKM guna mendorong pertumbuhan bisnis.

sumber: https://katadata.co.id

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.