ADVERTISMENT

img
Tips

Bagaimana Menetukan Harga Yang 'Bagus' Untuk Sebuah Produk

Bagaimana Menetukan Harga Yang 'Bagus' Untuk Sebuah Produk
Artikel ditulis olehApril Liliana

Saat ini Anda ingin menjalani bisnis namun masih bingung bagaimana menetukan harga produk yang bagus?

Secara mendasar, menentukan harga terhadap sebuah produk atau layanan dalam berbisnis merupakan bagian dari strategi marketing yang tidak boleh dianggap sepele.

Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan harga sebuah produk, salah satunya faktor kualitas dan juga daya beli masyarakat.

Banyak bisnis yang telah sukses menerapkan strategi harga yang bagus untuk kelangsungan bisnis mereka.

Contoh sukses beberapa perusahaan bisnis dalam menentukan harga produk dapat kita lihat saat ini. 

Salah satunya adalah perusahaan teknologi multinasional terkemuka asal Cupertino, California-Amerika Serikat, Apple Inc.

Perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs ini dinilai sangat cerdas dalam menentukan startegi harga terhadap produk yang mereka pasarkan.

Harga produk Apple sudah dikenal luas dengan banderolan harga yang sangat mahal, namun nyatanya tetap laris pembeli.

Padahal, produk sejenis yang juga berkualitas begitu menjamur di pasaran.

Jadi, mengapa orang-orang masih tertarik dan berusaha untuk memiliki produk dari Apple tersebut? Di bawah ini adalah cara bagaimana Apple dapat menentukan harga produk mereka:

  • Selalu mengedepankan kualitas produknya
  • Karena kualitas produk yang mantap, akhirnya dapat melakukan branding bahwa produk yang dimiliki adalah produk mewah dan premium
  • Mampu memberikan layanan after seles yang baik
  • Menciptakan tren bukan mengikuti
  • Membuat iklan produk yang tidak berlebihan
  • Tidak pernah menurunkan harga produk
  • Ukuran kesuksesannya tidak selalu dari jumlah penjualan
  • Apple konsisten dengan prinsip yang mereka terapkan

Dari prinsip-prinsip yang diterapkan Apple di atas dapat disimpulkan, saat ini masyarakatlah yang membutuhkan produk Apple, bukan sebaliknya, sehingga menjadikan Apple bebas membanderol harga jual terhadap produk mereka.

Dengan berapapun harga yang mereka banderol, sebagian besar masyarakat di dunia tetap akan berusaha untuk membeli produk yang mereka luncurkan.

Lantas, apa yang harus dilakukan agar bisnis Anda juga mampu menentukan strategi harga produk dan layanan yang baik serta terukur seperti Apple? Simak tips nya berikut ini:

Cara Menentukan Harga Produk dalam Bisnis

1. Kualitas atau Kuantitas

Tentukan apakah Anda ingin mengambil profit dari kuantitas (jumlah), atau dari kualitas?

Jika itu berasal dari kuantitas, maka harga produk yang Anda jual haruslah terjangkau.

Kekurangan yang akan dihadapi adalah ada banyak produk sejenis yang akan menjadi pesaing Anda.

Solusinya adalah Anda harus giat dalam memantau kondisi pasar agar daya beli masyarakat terjaga terhadap produk atau layanan bisnis yang Anda tawarkan.

Saat Anda memilih arah profit bisnis dari kualitas produk, keuntungannya adalah Anda dapat membranding dan mematok harga produk sedemikian rupa sesuai dengan kualitas yang Anda berikan.

Semakin baik kualitas sebuah produk, memungkinkan semakin tinggi harga jualnya. Hal penting lainnya yang harus terus dipertahankan adalah konsisten dalam menjaga kualitas dan harga produk, ini penting sebab memberlakukan diskon dan menurunkan kualitas akan menodai brand yang telah dibangun.

Layanan after sales juga menjadi bagian penting yang tetap harus di jaga saat Anda ingin memilih kualitas sebagai arah bisnis.

2. Mengukur Produk Anda Lewat Media Sosial

Cara kedua yang dapat dilakukan adalah lakukan pengukuran minat terhadap produk Anda lewat media sosial.

Pasarkan produk dengan iklan melalui platform media sosial yang banyak digandrungi masyarakat saat ini seperti Instagram, Facebook, dan Twitter. Setelah itu, lihatlah respon dari masyarakat terhadap iklan yang Anda tampilkan.

Untuk melihat sejauh mana ketertarikan masyarakat terhadap produk yang Anda tawarkan, Anda bisa mengukurnya melalui kolom komentar, jumlah views, maupun jumlah like atau dislike (jika ada). Setelah meninjau hal ini, kemudian Anda bisa mulai menentukan harga terkait produk yang ditawarkan.

3. Menciptakan Terobosan Baru

Menciptakan sesuatu yang baru untuk dijual atau dipasarkan memang bukan perkara mudah. Namun, jika Anda mampu melakukan hal ini, percayalah bahwa bisnis Anda berpotensi besar dan mampu mengantarkan diri Anda ke dalam barisan orang terkaya di dunia!

Perusahaan Microsoft besutan Bill Gates merupakan contoh akurat. Bayangkan, sampai saat ini Microsoft menjadi perusahaan software development dan computer hardware yang paling dibutuhkan oleh manusia di dunia.

Sehingga pada awal-awal kebangkitan Microsoft di tahun 1975, Bill Gates dan partner bisnisnya Paul Allen mampu menjual produk besutannya itu dengan harga yang fantastis. Namun, karena masyarakat tidak punya pilihan produk serupa yang lain, maka produk Microsoft laris terjual secara masif. Sehingga dalam waktu yang cukup singkat, Bill Gates langsung menduduki posisi pertama dalam bursa orang terkaya di dunia selama belasan tahun berturut-turut!

Jika Anda mampu melakukan terobosan seperti yang dilakukan oleh Bill Gates, maka strategi harga untuk produk dan layanan yang Anda tawarkan tidak lagi menjadi problem. Anda bisa sesuka hati mematok harga, sebab pada akhirnya masyarakat akan tetap membeli produk yang Anda tawarkan karena tidak ada lagi pilihan lain.

4. Lakukan Pendataan Harga dan Produk dengan Tepat

Dalam menentukan strategi harga yang baik dan terukur juga dibutuhkan pendataan terkait spesifikasi produk yang lengkap dan terperinci. Mulai dari modal untuk membuat produk yang dijual, sampai penghitungan laba yang diperoleh dari setiap penjualan. Hal ini bisa sangat merepotkan jika produk yang ditawarkan oleh bisnis Anda cukup banyak dan beragam. Sehingga Anda diharuskan dan diwajibkan untuk memiliki sebuah sistem yang mampu mengatasi masalah yang satu ini.

Namun Anda tidak perlu khawatir sebab Anda bisa menggunakan Jurnal dalam mengatasi masalah yang satu ini. Jurnal merupakan software akuntansi besutan Mekari yang mampu mengatasi semua masalah akuntansi dalam berbisnis. Dengan Jurnal, maka strategi harga yang sudah Anda terapkan bisa terus berjalan dengan baik. Jurnal dilengkapi dengan berbagai fitur yang sangat mumpuni di bidang akuntansi, sehingga segala permasalahan terkait akuntansi sudah bukan lagi menjadi masalah dalam bisnis Anda. Untuk fitur-fitur selengkapnya yang tersedia dalam Jurnal bisa Anda lihat di sini.

Akhir kata, penentuan strategi harga untuk sebuah produk dan layanan sangatlah penting untuk diperhatikan. Dengan menerapkan poin-poin di atas, niscaya bisnis yang Anda tekuni bisa semakin berkembang dan menjadi lebih baik. Salam sukses!

sumber: www.jurnal.id

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.