ADVERTISMENT

Tips

Tips Berternak Ayam Bangkok Pemula Wajib Tahu

Artikel ditulis olehCici Hokiku

Ayam Bangkok merupakan ayam yang berasal dari Thailand, dengan memiliki ciri badan yang lebih besar dibandingkan dengan ayam kampung biasa dan identik sebagai ayam aduan karena fisiknya yang kuat.

Tahukah Anda, ayam bangkok ini merupakan ayam unggulan dari jenis-jenis ayam lainnya, karena badannya yang gagah dan besar.

Ayam bangkok dewasa bobotnya bisa mencapai 3-4kg.

Ayam bangkok memiliki jenis yang beraneka ragam mulai dari badan, bulu, kepala, paruh, serta ceker. Dengan keunikan dan memiliki jenis anggota badan yang berbeda biasanya orang bisa menebak mana ayam bangkok yang bagus dan yang tidak bagus.

Bagi mereka bangkok lovers, tidak heran ayam ini kerap dijadikan hewan peliharaan karena postur tubuhnya yang gagah dan kuat, ayam ini juga mempunyai harga yang bisa dibilang tidak murah lho. Selain dijadikan hewan peliharaan, juga bisa di manfaatkan daging dan telurnya juga.

Beternak ayam bangkok tidaklah sulit dan tidak pula mudah, ketelatenan kalian akan dilatih untuk memeliharanya dan jangan menyerah unutk membesarkan dan merawatnya.

Tips Untuk Memulai Usaha Ayam Bangkok?

 1. Bulatkan tekad dan hilangkan rasa malas

Jangan pernah kalian mempunyai semangat di depan saja tapi lama-kelamaan semangat tersebut semakin berkurang karena bisa mempengaruhi kesuksesan dan bisnis kalian.

2. Sediakan modal dan kandang dari ayam bangkok

Seperti dengan merawat ayam pada umumnya yaitu kalian harus membuat kandang dan tempat tidur mereka.

3. Gunakan bibit ayam bangkok yang unggul

Biasanya banyak yang menjual bibit abal-abal. Maka dari itu lebih baik kalian membeli bibit ayam bangkok dari peternakan ayam bangkok asli yang kalian memang tahu lokasi ternakannya. Yang dikhawatirkan bibit yang dibeli sudah ada campuran gen dari ayam biasa.

4. Sediakan makanan dan minum untuk ayam bangkok secara teratur

Seperti halnya berternak ayam biasa, kalian wajib menyiapkan makan dan minum ayam bangkok, selingi juga dengan memberikan vitamin-vitamin dan jamu agar ayam bangkok bisa tumbuh secara optimal dan sesuai harapan.

5. Sediakan tempat bertelur ayam bangkok

Nah, kemudian cara terakhir yang tidak boleh kalian lupa yaitu dengan menyediakan tempat bertelur ayam bangkok. Jika kalian ingin memulai bisnis ayam bangkok, maka kalian wajib juga memiliki sepasang ayam bangkok yang siap di ternakan.

Dengan menetaskan sendiri anak ayam bangkok, kalian tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk membeli anakan ayam bangkok. Cukup memyediakan tempat bertelurnya dan pastikan juga beratap ya agar telur tersebut tidak terkena hujan dan lain-lain.

Kelebihan dari  ayam bangkok;

  1. Untuk menyalurkan hobi.
  2. Makanannya mudah dan tidak banyak tidak seperti bebek dan entok.
  3. Penjualan yang lebih menguntungkan, dan cepat laku.

Untuk beternak ayam bangkok, modal yang digunakan lebih besar dari ayam lainnya, dan anda harus bisa mengatur kandangnya agar ayam bangkok tetap merasa nyaman. Dan untuk pemeliharaan ayam bangkok lebih istimewa dibandingkan ayam lainnya, ditambah lagi ayam ini tergolong kepada ayam yang agresif.

Demikian artikel mengenai ayam bangkok, semoga anda dapat mengimplementasikannya dan bermanfaat.

sumber : https://www.ukmriau.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.