ADVERTISMENT

Tips

5 Daya Tarik Masyarakat untuk Menggunakan Jasa Laundry

Artikel ditulis olehCici Hokiku

Jika mendengar satu kata "laundry", apa yang terbesit di benak sahabat UKM? Apakah salah satunya, merupakan jasa favorit sahabat, yang begitu membantu keseharian dengan menyediakan layananan cuci gosok pakaian.

Pakaian pakaian yang datang dalam kondisi kotor, seketika menjadi bersih dan harum. Belum lagi, saat ini laundry juga menyediakan layanan jemput antar pakaian,tidak jarang para pelaku usaha ini tidak mengenakan biaya untuk layanan ini, alias gratis. Wah, semakin membuat para pelanggan tergiur bukan?

Pada saat ini pun, dengan semakin bertambahnya pengguna jasa laundry, hadirnya berbagai layanan laundry yang lebih variatif dan spesifik.

Contohnya: laundry karpet, laundry helm, laundry sepatu, laundry tas, dan laundry boneka. Mana dari laundry tersebut yang menjadi sahabat wirausaha?. Makin maraknya pertumbuhan jasa laundry ini, tentu didorong oleh berbagai faktor. Berikut ini adalah ulasan yang dihimpun dari berbagai sumber.

5 Daya Tarik Laundry

Jika, saat ini sahabat UKM sedang mempertimbangkan untuk merambah di usaha laundry. Berikut ini adalah 5 daya tarik laundry, yang menjadi pertimbangan para masyarakat untuk menggunakan jasa tersebut.

1. Praktis

Laundry kini begitu dekat dengan keseharian masyarakat, terlebih lagi diarea area yang padat penduduk di area kost, gedung perkantoran, sekolah, dan apartement. Mobilitas masyarakat yang semakin tinggi, tentu kepraktisan laundry adalah daya tarik yang menjadi bahan pertimbangan untuk menggunakan jasa laundry.

2. Mudah dijangkau

Nah, point yang kedua adalah mudahnya menjangkau laundry, bahkan ada juga laundry yang memberikan fasilitas antar jemput pakaian tanpa dikenakan biaya tambahan,alias gratis.

Wah, siapa yang tidak mau dengan layanan seperti ini, sahabat UKM tidak perlu repot untuk mengantarkan dan mengambil ke outlet laundry. Layanan yang begitu memanjakan pelanggan bukan?

3. Ekonomis

Dengan layanan yang serba memudahkan pelanggan, tidak heran jika laundry begitu diterima di masyarakat. Point lainnya adalah harganya yang ekonomis, sehingga dapat dijangkau oleh berbagai lapisan masyarakat. Wah, bagaimana tidak menjadi pilihan pelanggan ya, sudah praktis,harganyapun relatif ekonomis.

4. Layanan Express

Pada beberapa laundry terutama di kota-kota besar, layanan laundry express pun cukup diminati. Terutama, jika yang menggunakan layanan ini adaah wisatawan, yang hanya memiliki waktu singkat untuk singgah disebuah tempat, tentu laudry express adalah solusi bagi para wisatawan.

5. Pilihan paket yang beragam

Laundry kini pun memiliki banyak paket yang beragam, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Contohnya: laundry gosok, laundry cuci gosok, laundry cuci kering. Beragam paket ini pun, memiliki harga yang berbeda, jadi pelanggan dapat menyesuaikan anggaran yang dimiliki.

Apa yang Harus Disiapkan dalam Memulai Bisnis Laundry?

Wah, apakah sahabat UKM sudah semakin tergiur mencoba peluang yang satu ini? Yuk, simak 5 hal yang harus disiapkan dalam membuka laundry.

1. Pastikan konsep laundry

Tentukan konsep laundry yang akan dijalankan. Apakah berupa outlet laundry, atau laundry rumahan. Hal ini, perlu ditetapkan di awal karena akan mempengaruhi persiapan selanjutnya.

Contohnya : jika akan membuka outlet laundry, maka harus menganggarkan untuk sewa outlet, namun jika membuka dirumah, sahabat UKM terbebas dari sewa outlet.

2. Siapkan alat kerja yang proporsional

Pada langkah ini adalah langkah yang harus diperhatikan karena terkait dengan anggaran, dan alat penunjang bisnis.

Contohnya : mesin cuci, mesin pengering, setrika uap, setrika listrik,pengharum, detergent, mesin kasir, aplikasi kasir, rak baju, timbangan digital, hanger, keranjang pakaian, jemuran pakaian, dan alat packing pakaian.

3. Jalin relasi customer

Bisnis yang baru saja dirintis, tentu saja perlu diperkenalkan, oleh karena itu dengan menjalin kerjasama dengan para pelanggan, akan mendapatkan kepercayaan yang akan mempengaruhi pertumbuhan bisnis. contoh dari menjalin relasi ini yaitu bekerja sama dengan kost kostan, agar dapat menjadi penyedia jasa laundry reguler, berikan penawaran harga spesial jika mereka mau menggunakan jasa laundry yang sahabat UKM siapkan.

Contoh lainnya, dapat juga sahabat UKM membuka kerja sama dengan perkantoran, untuk menyediakan jasa laundry untuk karyawan mereka secara reguler, tawarkan harga spesial, spesial pelayanan antar jemput pakaian, dengan begitu akan semakin meluaskan pelanggan yang menggunakan jasa laundry sahabat. Bagaimama, sudah ada gambaran untuk menjalin relasi dengan calon customer Anda.

4. Garansi

Tidak hanya produk saja yang memiliki garansi, layanan jasa akan lebih baik lagi jika memiliki garansi kepada customer. Apa pentingnya garansi untuk pelanggan bisnis? Tentu saja untuk memberikan rasa aman, nyaman kepada para pelanggan, memberikan kepastiaan kepada pelanggan bahwa penyedia jasa memberikan layanan terbaik.

Contohnya: Jika baju diterima tidak wangi, uang kembali. Nah, siapa pelanggan yang masih akan ragu,jika mendapatkan garansi seperti ini. Garansi juga memberikan efek kepada penyedia, untuk memberikan hasil terbaik dalam prosesnya.

Garansi yang diberikan pun tentu semakin menaikan kepercayaan pelanggan. Nah, diharapkan dengan fasilitas yang diberikan, garansi, dan pelayanan yang prima. Pelanggan yang puas dapat merekomendasikan bisnis sahabat, kepada teman atau keluarganya.

5. Jalin relasi suplier

Selain menjaga relasi kepada customer, agar semakin bertumbuh, tentu menjaga silahturahmi dengan suplier merupakan hal yang dapat dilakukan.

Contohnya : jika kita mendapatkan fasilitas pembayaran tempo, maka bayar sesuai dengan tenggangnya. Hal ini, akan mempermudah dan melanggengkan kerja sama dengan suplier.

Pilihlah suplier yang mudah diajak komunikasi dan tepat waktu. Hal ini, perlu diperhatikan saat produk harus segara digunakan, suplier dapat memenuhi pemesanan tepat waktu. Dalam memilih suplier, pastikan mendapatkan suplier yang memberikan harga ekonomis, agar sahabat dapat membandrol harga jasa laundry yang relatif terjangkau. Namun, jangan hanya memprioritas harga, namun juga pastikan kualitas yang dimiliki produk tersebut adalah kualitas yang baik.

Wah, dari kelima point diatas mana yang sudah dimiliki oleh sahabat UKM? Segera siapkan dan segera mulai bisnis laundry Anda.

Sumber: https://ukmindonesia.id

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.