ADVERTISMENT

img
Tips

Prospek Berbisnis Pulsa Serta Cara Menjadi Agennya

Prospek Berbisnis Pulsa Serta Cara Menjadi Agennya
Artikel ditulis olehCici Hokiku

Perkembangan zaman membuat orang mudah memulai bisnis. Salah satunya, bisnis pulsa. Hanya dengan memanfaatkan kemajuan teknologi disertai dengan sedikit modal, semua orang kini bisa menjadi agen pulsa.

Namun, tidak banyak orang tahu cara jadi agen pulsa yang benar, sehingga mereka tidak tertarik meski bisnis ini mudah dijalankan. Seperti apa rahasianya? Simak penjelasan berikut, ya!

Meraup Cuan dari Jualan Pulsa

Bisnis pulsa ini sebenarnya cukup menarik. Tidak perlu memiliki banyak modal, siapapun bisa menjalankan bisnis ini, bahkan anak sekolah. Yang terpenting punya gadget untuk operasional penjualan.

Sebagai bisnis, penjualan pulsa memiliki skema unik dalam mendapatkan keuntungan. Nah, jika kamu tertarik menjadi agen pulsa, ada baiknya kamu memahami terlebih dahulu skema tersebut. Jangan sampai kamu memulai usaha tanpa tahu caranya menjadi untung. Berikut ini gambaran bisnis jualan pulsa:

1. Prospek

Hal pertama yang perlu kamu tahu dalam menjalani bisnis agen pulsa adalah prospeknya. Di zaman sekarang, hampir semua orang menggunakan telepon seluler. Mulai dari anak-anak sampai orangtua.

Nah, setiap pengguna ponsel pasti membutuhkan pulsa, untuk melakukan panggilan telepon, sms, atau sekadar membeli paket data internet. Ditambah lagi, kebutuhan orang terhadap internet saat ini sudah semakin tinggi. Banyak orang harus mengisi paket data internetnya lebih dari sekali dalam sebulan.

Mengetahui kondisi tersebut, tentu agen pulsa menjadi diperlukan. Orang-orang membutuhkan agen pulsa untuk membantu memenuhi kebutuhan mereka dalam menggunakan ponsel. Jadi, bisa dibilang bisnis agen pulsa memiliki prospek yang jelas.

2. Produk

Di Indonesia, ada banyak produk pulsa yang dijual di pasar karena tersedia banyak operator. Bukan hanya itu, produk pulsa setiap operator pun biasanya lebih dari satu, yaitu, pulsa reguler berbentuk elektrik, pulsa reguler berbentuk kartu yang digesek, dan pulsa internet.

Dengan beragamnya produk tersebut, agen pulsa bisa menjadi solusi dari beragamnya keinginan konsumen pulsa. Karena itulah agen pulsa sangat dibutuhkan masyarakat.

Selain itu, kamu juga bisa menjual berbagai produk lain jika menjadi agen pulsa, misalnya tagihan online, token listrik, voucher game, jualan aksesoris ponsel, berdagang makanan ringan, dan lain-lain.

3. Keuntungan

Setelah memahami prospek dan produk, selanjutnya kamu perlu mengetahui cara mendapatkan keuntungan dalam berbisnis pulsa. Sebagai agen pulsa, keuntungan utama yang kamu peroleh adalah dari selisih penjualan pulsa.

Misalnya, dalam setiap transaksi, keuntungan yang kamu dapatkan Rp2.000. Setiap hari ada 20 transaksi, sehingga keuntungan per hari Rp40.000, dan per bulan Rp1.600.000.

Keuntungan itu belum termasuk keuntungan penjualan lainnya seperti token listrik, voucher game, dan lain-lain. Lebih dari itu, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan lebih besar dengan cara merekrut orang lain agar menjadi agen pulsa dan menjadi downline.

Keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari sistem downline dapat diilustrasikan sebagai berikut: jika kamu memiliki lima orang downline dengan keuntungan rata-rata setiap penjualan Rp300 dan rata-rata transaksi per hari adalah 20 kali, kamu bisa mendapatkan penghasilan yaitu 20 x 5 x 300 = Rp30.000 per hari. Dalam sebulan, kamu akan mendapat keuntungan Rp900.000.

Keuntungan yang bisa kamu dapatkan akan semakin besar jika downline kamu memiliki downline lain. Itu sebabnya, kamu perlu keahlian dalam mengajak orang menjadi downline jika ingin mendapatkan banyak pemasukan.

Cara Menjadi Agen Pulsa

Sekarang kamu sudah paham keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika berbisnis agen pulsa, kan? Nah, pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara memulainya?

1. Daftar ke Server Terpercaya

Hal pertama yang perlu kamu lakukan dalam memulai bisnis agen pulsa adalah mendaftarkan diri ke server atau agregator pulsa. Namun, jangan sembarangan dalam memilih server. Pastikan server yang kamu pilih sudah terpercaya dan memiliki skema perhitungan keuntungan yang jelas.

Ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan dalam memilih server. Pertama, pastikan mereka mencantumkan harga terbaru supaya kamu bisa membayangkan berapa harga yang akan kamu jual ke masyarakat dan berapa keuntungan yang akan kamu peroleh.

Kedua, pilihlah server yang menawarkan berbagai produk pulsa. Semakin banyak produk yang ditawarkan, akan semakin besar peluang kamu mendapatkan keuntungan.

Ketiga, pastikan server yang kamu pilih memiliki akses untuk mengajukan komplain dan responsif. Sebab, ada banyak server yang sulit dikontak ketika kamu menghadapi kendala.

2. Deposit

Setelah memilih server dan mendaftar, selanjutnya yang kamu perlukan adalah melakukan deposit. Deposit ini bisa dibilang sebagai modal awal. Jumlahnya, tergantung server yang kamu pilih. Biasanya minimal Rp50 ribu. Adapun kamu bisa melakukan deposit dengan cara datang langsung ke kantor server atau transfer via rekening.

3. Sediakan Berbagai Jenis Operator

Selanjutnya, sebagai agen pulsa, kamu harus memastikan bahwa kamu menyediakan berbagai jenis operator telekomunikasi. Dengan begitu, masyarakat bisa membeli pulsa untuk segala operator.

4. Memasarkan

Penjualan pulsa perlu didukung dengan pemasaran, sama dengan bisnis lainnya. Dalam memasarkan penjualan pulsa, kamu hanya perlu membuat spanduk atau medium iklan semacamnya dan letakkan di kiosmu.

Jika kamu belum memiliki kios, kamu bisa menawarkannya ke orang-orang terdekat seperti keluarga, tetangga, dan teman-teman. Jangan sepelekan orang-orang di dekatmu karena biar bagaimanapun mereka bisa menjadi pasar untuk bisnismu.

Dalam menawarkan ke orang-orang terdekat, kamu juga bisa mengajak mereka untuk menjadi downline-mu. Dengan begitu, potensi keuntungan yang akan kamu dapat bisa menjadi lebih besar.

5. Buka Kios

Sebaiknya, kamu membuka kios pulsa supaya pangsa pasar bisnismu bisa lebih luas. Pilihlah lokasi strategis yang bisa diketahui banyak orang. Dengan begitu, bukan hanya orang-orang terdekat, siapapun orang yang melewati kiosmu bisa jadi konsumen.

Jika usahamu sudah berkembang, kamu bisa mempekerjakan orang untuk menjaga kiosmu. Jadi, kamu tinggal memikirkan bagaimana caranya untuk membuat bisnismu jauh lebih berkembang.

6. Tawarkan Produk Lain

Jika kamu memiliki kios, kamu juga bisa menjajakan produk selain pulsa, misalnya, voucher game, token listrik, aksesoris ponsel, makanan ringan, dan lain-lain.

7. Kenalkan Produkmu dengan Cara Unik

Sebaiknya, lakukanlah pemasaran produk dengan cara kreatif agar menarik perhatian orang. Beberapa cara pemasaran unik yang bisa kamu lakukan adalah memberikan ornamen atau warna khas pada kiosmu. Dengan begitu, orang akan penasaran dan nyaman untuk membeli pulsa.

Cara lainnya, mungkin kamu juga bisa membuat spanduk dengan desain yang kekinian, atau membuat pesan berantai (broadcast message) yang intinya memberi tahu orang-orang terdekat bahwa kamu bisa memenuhi kebutuhan pulsa mereka. Ini cara yang cukup efektif untuk mengenalkan produkmu secara luas, lho.

Apalagi, bisa jadi orang yang kamu kirimkan pesan berantai akan menyampaikannya ke orang lain. Jadi hanya dari komunikasi dari orang ke orang, pangsa pasarmu bisa lebih luas.

Cara unik lainnya untuk mengenalkan produkmu adalah dengan memprioritaskan penjualan pulsa nominal kecil. Ini memang agak tricky, sebab kamu menawarkan nominal pulsa kecil untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Logikanya, jika modal kamu Rp500 ribu dan setiap transaksi kamu mendapat keuntungan Rp2.000, maka kamu hanya akan mendapat Rp10 ribu dari modalmu jika setiap transaksi selalu nominal Rp100 ribu dan dilakukan sebanyak lima kali. Namun jika setiap transaksi Rp50 ribu dan dilakukan sebanyak 10 kali, kamu bisa mendapatkan keuntungan Rp20 ribu.

Itulah cara sukses menjadi agen pulsa yang bisa kamu lakukan. Semoga menginspirasi dan bisa membantumu, ya.

Sumber: https://mitrabukalapak.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.