ADVERTISMENT

img
Tips

5 Tips Memasak Bihun agar Tidak Lengket di Penggorengan

5 Tips Memasak Bihun agar Tidak Lengket di Penggorengan
Artikel ditulis olehCici Hokiku

Bihun adalah salah satu jenis mie yang digemari banyak orang. Mie bihun ini bisa disajikan dengan kuah maupun goreng. Bihun memiliki cita rasa yang lezat dan bisa membuat perut jadi kenyang.

Bihun memiliki warna putih yang terbuat dari tepung beras. Bihun mentah memiliki tekstur yang tipis dan mudah patah, tetapi saat sudah matang teksturnya berubah lebih kenyal. Saat memask bihun juga harus berhati-hati, karena bihun sangat mudah lengket di wajan atau panci.

Tentu saja kita harus menggunakan bihun dengan kualitas yang bagus. Jika ingin masakanmu lebih enak, bihun tidak mudah patah dan tidak lengket di wajah. Berikut tips memasak bihun agar tidak lengket.

Tips Memasak Bihun agar Tidak Lengket

1. Pilih yang Berkualitas

Tips memasak bihun agar tidak lengket yang pertama, yaitu memilih bihun dengan kualitas yang bagus. Biasanya bihun yang kualitasnya bagus, memiliki kemasan yang tertutup, bentuk bihun tidak hancur atau patah dan warnanya putih bukan kuning.

2. Rendam Bihun

Sebelum memasak bihun, usahakan untuk merendam bihun dalam air hangat selama kurang lebih 40menit. Teknik merendam ini bisa membuat bihun menjadi mengembang, sehingga tidak lengket saat di masak dan teksturnya empuk saat disantap.

3. Gunakan Minyak Wijen

Tips yang selanjutnya agar bihun tidak lengket, yaitu meneteskan beberapa tetes minyak zaitun, diatas bihun yang sudah direndam dan ditiriskan. Setelah itu aduk bihun hingga minyak wijen tercampur rata.

4. Masak Setelah Bahan yang Lain Matang

Kemudian saat memasak bihun, usahakan memasukkan bihun ke wajah setelah semua bahan yang lain matang. Karena kalau terlalu lama memasak bihun, maka bihun akan lembek dan mudah menempel di wajan.

5. Gunakan Api Kecil

Tips yang terakhir yaitu menggunakan api kecil saat memasak bihun. Jika memasak dengan api besar, bisa menyebabkan bihun menggumpal, teksturnya hancur dan rasanya gosong.

Sumber: https://m.fimela.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.