ADVERTISMENT

img
Tips

Tips Memanfaatkan Peluang Usaha yang Ada Secara Kreatif

Tips Memanfaatkan Peluang Usaha yang Ada Secara Kreatif
Artikel ditulis olehCici Hokiku

Jika kamu sudah melihat adanya peluang usaha yang bagus, berikut tips memanfaatkan peluang tersebut!

1. Peka Terhadap Lingkungan

Setelah mengamati ciri-ciri peluang usaha yang baik, kamu perlu lebih peka terhadap sekitar. Tantangan apa yang sedang dihadapi oleh lingkungan sekitarmu? Siapa saja kompetitor dan bagaimana produk yang mereka jual?

Kamu perlu menganalisis cara terbaik untuk mengalahkan semua kompetitor dan menghadirkan produk yang unik. Misalnya, kamu ingin membuka usaha ayam geprek, apakah di sekitarmu juga ada penjual ayam geprek atau sejenisnya?

Kemudian, apakah lokasi tersebut mudah diakses oleh pembeli? Adakah target pasar yang potensial agar ayam geprekmu laris manis? Selain itu, ketahui juga kondisi ekonomi setempat agar dapat menyesuaikan harga produkmu.

2. Manfaat Media Sosial

Hampir setiap orang memiliki dan menggunakan media sosial setiap harinya. Media sosial ibarat kehidupan kedua seseorang, pun untuk bisnis. Kamu perlu masuk ke dunia maya untuk menyasar lebih banyak pelanggan.

Menggunakan media sosial merupakan sebuah tantangan untuk menjadi kreatif dan inovatif. Pasalnya, konten yang menarik selalu berhasil trending topic dan pada akhirnya mendongkrak penjualan.

Sebagus apapun ciri-ciri peluang usaha yang baik, jika kamu gagal memanfaatkan media sosial untuk pemasaran, bisnismu akan lebih sulit berkembang.

3. Kenali Passion

Menjalankan bisnis yang dimulai atas rasa cinta atau kesenangan tentu terasa lebih ringan. Pasalnya, akan ada banyak tantangan yang dihadapai selama berbisnis. Jika hal-hal yang kamu sukai bisa kamu ubah menjadi peluang usaha tentu akan lebih baik.

Misalnya, kamu hobi melakukan kegiatan luar ruangan seperti berkemah dan memancing. Kamu bisa menjual perlengkapan outdoor atau alat pancing. Jika memungkinkan, kamu juga bisa membuka kolam pemancingan.

Memiliki hobi yang menghasilkan uang tentu akan sangat menyenangkan dan tidak akan membosankan.

4. Kolaborasi Dengan Orang Lain

Memanfaatkan ciri-ciri peluang usaha yang baik tak harus dilakukan seorang diri. Meski menyatukan beberapa kepala dalam satu konsep penuh dengan tantangan, nyatanya hal tersebut akan lebih baik daripada menjalankan usaha seorang diri.

Kamu jadi bisa berdiskusi, bertukar pendapat, dan melakukan brainstorming terhadap berbagai macam pengelolaan bisnis. Faktanya, semua perusahaan besar saat ini pasti didirikan oleh lebih dari satu orang.

Menariknya, setiap orang (founder & co-founder) memiliki spesialisasi masing-masing, seperti ahli dalam hal teknologi, pemasaran, legal, dan administrasi. Menjalin kolaborasi dengan orang lain juga bisa dalam berbagai bentuk, misalnya kemitraan waralaba, menjadi supplier, dropshipper, dan sebagainya.

5. Tingkatkan Skill

Sabagai pelaku usaha, kamu perlu terus meningkatkan skill dan wawasan. Pasalnya, persaingan bisnis semakin tinggi dan tren pasar akan selalu berubah. Menjadi peka terhadap lingkungan dan memiliki pemikiran yang tajam merupakan hal yang amat berguna.

Kamu perlu mengetahui semua hal tentang ekonomi mikro-makro serta semua yang berkaitan dengan usahamu. Semakin banyak keterampilan dan pengetahuan yang kamu kuasai tentu semakin baik.

Kamu bisa meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dengan mengikuti berbagai kursus atau pelatihan, baik berbayar maupun gratis (misalnya menggunakan Google Digital Garage).

Sumber: https://store.sirclo.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.