ADVERTISMENT

Tips

Tips Marketing Online yang Efektif Untuk UKM

Artikel ditulis olehCici Hokiku

Banyak masyarakat yang mencoba keberuntungannya dengan melakukan bisnis kecil-kecilan atau yang biasa disebut dengan Usaha Kecil Menengah atau disingkat UKM. 

Melalui UKM ini, Anda akan dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif, mulai dari menciptakan produk hingga memasarkannya. 

Agar usaha Anda berhasil, Anda dituntut untuk mempunyai strategi marketing yang efektif dan ampuh. Salah satu strategi yang bisa Anda terapkan adalah menggunakan strategi marketing online ala UKM.

Strategi marketing online merupakan salah satu cara bagaimana memasarkan sebuah produk atau jasa dimana penjualannya dapat dilakukan melalui dunia maya atau internet.

Berdasarkan survey, UKM yang menerapkan strategi ini mampu membuat usahanya meningkat sebesar 80 persen lebih tinggi jika dibandingkan dengan para pelaku usaha konvensional.

Bahkan strategi ini berpotensi untuk menyerap tenaga kerja lebih besar, yaitu sebanyak 1,5 kali.

Lalu bagaimana cara menerapkan strategi marketing melalui online yang efektif bagi para UKM? Berikut ini adalah beberapa strategi marketing online bagi para UKM yang dapat Anda lakukan, antara lain yaitu:

1. Menggunakan Media Sosial

Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini jumlah pengguna media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram dan media sosial lainnya semakin lama semakin meningkat dari hari ke hari.

Hal ini tentu akan menjadi peluang Anda dalam melakukan promosi produk atau usaha Anda. Selain itu, pada beberapa media sosial telah menyediakan fitur-fitur yang mampu mempermudah kinerja promosi iklan produk atau usaha Anda.

2. Wajib Punya Toko Virtual

Anda wajib mempunyai toko virtual baik milik sendiri ataupun melalui perantara. Langkah ini sangat penting, sebab dapat mempengaruhi strategi pemasaran online pada tahap selanjutnya.

3. Melakukan Teknik Blogging atau Konten

Selain menggunakan media sosial, strategi yang bisa Anda terapkan lainnya adalah menggunakan teknik blogging atau konten pada website Anda.

Metode ini biasa digunakan sebagai tempat promosi dengan menuliskan penjelasan berupa blog mengenai produk Anda. Hal ini akan memberikan dampak yang cukup baik untuk pemasaran online Anda.

4. Menggunakan Situs Penyedia Iklan

Untuk membantu Anda dalam melakukan strategi pemasaran melalui online, Anda dapat memasang iklan melalui berbagai situs penyedia iklan yang banyak tersebar di internet, seperti Google adwords, Facebook Ads, SEO, Instagram Ads dan berbagai situs lainnya.

Mengapa harus menggunakan situs penyedia iklan? Sebab situs-situs tersebut akan membuat iklan mengenai produk atau jasa UKM yang Anda tawarkan menjadi semakin optimal sehingga membuat traffic pengunjung ke toko virtual Anda menjadi semakin tinggi.

5. Menjalankan Email Marketing

Strategi pemasaran melalui online yang bisa Anda lakukan lainnya adalah dengan menggunakan email marketing.

Cara ini cukup efektif dalam menarik perhatian para calon konsumen, bahkan masih mendapatkan respon yang cukup baik. Karena itu, tidak ada salahnya dalam berbisnis UKM, Anda menerapkan cara ini.

sumber : https://www.logique.co.id

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.