ADVERTISMENT

img
Tips

5 Tips Ketika Memasak Nasi di Rice Cooker agar Pulen dan Tidak Basi

5 Tips Ketika Memasak Nasi di Rice Cooker agar Pulen dan Tidak Basi
Artikel ditulis olehCici Hokiku

Nasi merupakan salah satu makanan pokok orang Asia, termasuk pula di Indonesia. Jika saja nasi tidak ada di saat momen bersantap, maka rasanya akan ada yang kurang. Biasanya orang-orang menyantap nasi bersama dengan lauk pauk lainnya, seperti ikan goreng, ayam goreng, dan tumis sayur.

Namun, bagaimana sih cara memasak nasi yang pulen dan tidak mudah basi menggunakan rice cooker? Tenang, kalian bisa mencari tahunya lewat informasi berikut ini.

1. Cuci Beras hingga Bersih

Langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum memasak beras adalah mencucinya terlebih dulu hingga bersih. Untuk mencuci beras yang akan dimasak, sebaiknya kamu menggunakan wadah berbentuk saringan agar proses pembersihan menjadi lebih mudah. Setelah itu, cucilah beras tersebut di bawah air mengalir. Jangan cuci terlalu lama dan terlalu bersih, karena hal tersebut bisa membuat rasa khas dari beras berubah.

2. Gunakan Takaran Air yang Pas

Setiap kali memasak beras, pasti dibutuhkan takaran air yang pas. Nah, pastikan agar air yang dimasukkan ke dalam panci rice cooker tidak terlalu sedikit. Sebab, air yang terlalu sedikit dapat membuat tekstur nasi yang matang menjadi keras dan alot saat dimakan. 

Selain itu, hindarilah memasukkan jumlah air yang terlalu banyak. Pasalnya, hal tersebut justru akan membuat nasi menjadi lembek dan berair. Oleh karena itu, gunakanlah takaran air yang tepat, misalnya air lebih banyak satu ruas jari di atas permukaan beras.

3. Tambahkan Perasan Air Jeruk Lemon

Untuk bisa mendapatkan rasa dan tekstur nasi yang pulen dan lembut, kamu bisa menambahkan perasaan air jeruk lemon ke dalam panci rice cooker yang sudah diisi dengan beras bersih. Tidak perlu banyak, cukup tambahkan 1 sdm perasaan jeruk lemon ke dalam 500 gram beras yang akan dimasak.

4. Tambahkan Daun Pandan atau Salam

Biasanya orang-orang juga akan menambahkan daun pandan atau salam saat memasak beras menggunakan rice cooker. Hal ini dilakukan karena kedua jenis daun tersebut dapat memberikan aroma yang wangi dan sedap. Untuk melakukan tahapan ini, kamu bisa menyiapkan satu lembar daun pandan atau daun salam. Namun, apabila kamu ingin mendapatkan wangi khas lainnya, kamu bisa menambahkan bumbu rempah seperti cengkeh, kayu manis, dan sebagainya.

5. Aduk Nasi yang Telah Matang

Setelah nasi matang, maka langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mengaduknya dengan rata. Hal ini dilakukan agar nasi tidak lengket di wadah rice cooker dan bantu membuatnya menjadi pulen, lebih empuk, dan enak. Seusai nasi diaduk, tutup kembali rice cooker dan tunggu setelah beberapa menit sebelum dihidangkan.

Semoga tips ini bermanfaat dan selamat mencoba!

sumber: https://www.fimela.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.