ADVERTISMENT

img
Tips

5 Tips Menyimpan Tempe agar Awet dan Tahan Lama, Dijamin Tidak Busuk!

5 Tips Menyimpan Tempe agar Awet dan Tahan Lama, Dijamin Tidak Busuk!
Artikel ditulis olehCici Hokiku

Tempe bisa diolah jadi ragam lauk dan masakan yang sedap. Harga yang terjangkau pun membuatnya jadi bahan makanan yang paling diandalkan dalam membuat menu harian. Penyimpanannya pun terbilang mudah.

Tempe bisa disimpan di dalam kulkas agar awet. Selain itu, agar tidak cepat busuk, tempe perlu disimpan dengan cara yang lebih baik. Seperti cara-cara berikut ini. Selengkapnya, simak tips menyimpan tempe agar tidak cepat busuk.

1. Simpan Tempe dalam Wadah Tertutup

Pilih tempe yang aromanya masih segar dan diselimu serabut putih. Hindari tempe yang sudah berlendir atau berbau tengik. Cara penyimpanannya agar lebih awet adalah menyimpannya dalam wadah tertutup atau wadah kedap udara. Tempe yang disimpan dalam wadah tertutup bisa langsung ditaruh di dalam kulkas. Kalau dibiarkan begitu saja di dalam kulkas tanpa diberi wadah, tempe akan cepat kering dan busuk.

2. Rebus Tempe dengan Bumbu Ungkep

Tempe bisa direbus dulu dengan bumbu ungkep. Setelah direbus, biarkan uap panasnya hilang. Lalu, pindahkan ke wadah dan simpan di dalam kulkas. Cara ini bisa memudahkan kita untuk menggoreng atau mengolah tempe untuk dimasak karena tempe sudah lebih gurih.

3. Rendam Tempe dengan Air Kelapa

Kalau ada air kelapa bisa dimanfaatkan untuk menyimpan tempe. Cukup siapkan wadah berisi air kelapa. Lalu, rendam tempe di dalamnya. Simpan di dalam kulkas dan tempe akan bertahan lebih lama.

4. Simpan di Dalam Freezer

Cara ini sangatlah mudah. Tempe yang baru dibeli bisa langsung dipotong-potong sesuai selera. Kemudian, pindahkan ke wadah kedap udara atau wadah bertutup rapat. Setelah itu, masukkan ke dalam freezer. Tempe bisa lebih awet dan tidak gampang busuk saat disimpan di dalam freezer.

5. Rebus Tempe dengan Kunyit

Supaya tempe tidak berubah rasa, bisa direbus dulu dengan kunyit. Caranya mudah saja. Masukkan tempe yang sudah dipotong dalam panci berisi air. Tambahkan garam, lada, dan kunyit (bisa pakai kunyit bubuk atau kunyit parut). Rebus tempe selama sekitar 15 menit. Setelah direbus, diamkan tempe hingga dingin. Baru kemudian bisa disimpan di dalam wadah kedap udara dan ditaruh di kulkas.

Itu tadi lima cara yang bisa dicoba untuk menyimpan tempe agar lebih awet. Semoga tipsnya bermanfaat, ya. 

sumber: https://www.fimela.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.