ADVERTISMENT

Tips

4 Tips Mudah Mengupas Telur Rebus Anti Gagal dan Rusak, Wajib Dicoba!

Artikel ditulis olehCici Hokiku

Ada kalanya telur rebus sangat susah dikupas. Tak jarang, kita menemukan kulit telur yang sangat lengket. Alhasil, saat kita mengupas telur tersebut, telur tidak tampak mulus seperti harapan kita. Telur pun rentan hancur dan membuat kuningnya berantakan tidak menyatu dengan putih telur. 

Lantas, bagaimana caranya agar telur rebus yang dikupas hasilnya mulus? Bagaimana meminimalisir hancurnya telur saat dikupas? Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan untuk mengupas telur ini. Hal tersebut mulai dari proses merebus telur hingga mengupasnya. Berikut beberapa tips yang sebaiknya lebih kamu perhatikan agar telur rebus tidak hancur.

1. Merebus Telur

Saat merebus telur, pastikan air untuk merebus penuh. Artinya, air untuk merebus telur merendam seluruh bagian telur dengan sempurna. Tambahkan sedikit garam dan minyak ke dalam panci. Sebaiknya gunakan api sedang saat merebus telur. 

2. Rendam Telur di Air Dingin

Setelah telur rebus matang. Angkat telur rebus kemudian cuci hingga bersih. Selanjutnya rendam dengan air dingin selama beberapa menit. Hal ini akan membuat telur yang dikupas nantinya lebih mulus.

3. Gulirkan Telur Hingga Kulit Retak

Telur yang sudah direndam dengan air dingin, kemudian gulirkan atau kocok-kocok lembut di dalam toples hingga kulitnya retak. Kulit telur yang retak akan memudahkanmu mengupas telur. Ini juga membuat telur lebih mulus dan tidak hancur. Saat dikupas.

4. Manfaatkan Sendok

Kamu juga bisa memanfaatkan sendok untuk mengupas telur. Pecahkan telur yang telah direbus. Buat sedikit jalan agar sendok bisa masuk. Kupas telur menggunakan sendok secara perlahan.

Itulah sekian tips yang bisa dilakukan untuk mengupas telur agar tidak hancur dan hasilnya makin mulus. Selain tips di atas, yang perlu diperhatikan agar telur rebus tidak hancur adalah kualitas telur itu sendiri. Telur yang sudah didiamkan 2 sampai 3 hari, akan lebih mudah dikupas. Ini berbeda dengan telur yang masih baru atau telur yang baru diambil dari kandang. Semoga informasi ini bermanfaat.

sumber: https://www.fimela.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.