ADVERTISMENT

img
Tips

Tips Membuat Kentang Goreng yang Enak, Renyah dan Tidak Lengket

Tips Membuat Kentang Goreng yang Enak, Renyah dan Tidak Lengket
Artikel ditulis olehCici Hokiku

Kentang goreng menjadi salah satu camilan kesukaan semua orang. Kentang gorenga yang renyah dan gurih, cocok disantap kapan saja. Camilan ini juga cocok disajikan untuk jamuan sahabat dan keluarga tercinta di rumah. Apakah kamu salah satu penikmat kentang goreng juga?

Bicara mengenai kentang goreng, salah satu masalah yang kerap kita alami saat menggoreng kentang adalah kentang lengket dan hancur saat digoreng. Tidak jarang, kita juga menjumpai kentang yang digoreng menggumpal jadi satu sehingga tak menghasilkan kentang renyah sesuai harapan. Kira-kira, bagaimana tipsnya agar kentang goreng tidak lengket? Yuk, simak tipsnya berikut ini dan semoga kamu tak penasaran lagi.

1. Pilih Kentang Berkualitas

Tips pertama adalah, pilih kentang yang berkualitas dan kondisinya masih bagus. Sebaiknya, pilih juga kentang yang masih segar atau baru panen. Semakin baik kualitas kentang, semakin baik kentang goreng yang akan dihasilkan nantinya. 

2. Iris Kentang dengan Ukuran Merata

Tips selanjutnya adalah, iris kentang dengan ukuran merata. Kamu bisa mengiris sebesar korek api atau kotak memanjang seperti kentang instan yang dijual di pasaran. Sebelum mengiris kentang, sebaiknya kupas dan cuci bersih kentang.

3. Rendam Kentang dengan Bumbu

Kentang yang sudah diiris kemudian rendam dengan bumbu. Rendam kira-kira selama 30 - 60 menit agar bumbu meresap dengan baik. 

4. Rebus Kentang dan Lumuri dengan Tepung Bumbu Kering

Kentang yang sudah direndam dengan bumbu, selanjutnya rebus bersama air bumbu. Tak perlu lama-lama saat merebus kentang ini. Kamu cukup merebusnya 5 sampai 10 menit. Merebus kentang bertujuan agar kentang matang merata setelah digoreng nanti. Setelah kentang direbus, tunggu hingga kentang dingin. Selanjutnya lumuri kentang dengan tepung bumbu kering hingga merata.

5. Goreng Kentang dengan Minyak Baru dan Banyak

Tips selanjutnya adalah, goreng kentang dengan minyak baru dan banyak hingga terendam. Ini akan membuat kentang matang merata dan tidak lengket. Ini juga bikin kentang makin renyah di luar dan empuk di dalam. 

6. Gunakan Wajan Bersih dan Kering

Saat menggoreng kentang, pastikan wajan untuk menggoreng bersih dan kering. Usahakan pula agar wajan tidak bekas menggoreng makanan lain apalagi yang memiliki banyak bumbu. Goreng kentang dengan api sedang agar kentang matang merata tanpa membuatnya gosong. 

Itulah sekian tips untuk menggoreng kentang agar tidak lengket. Semoga tips ini bermanfaat dan selamat mencoba. 

sumber: https://www.fimela.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.