ADVERTISMENT

Tips

Tips Menggoreng Otak-otak agar Aman dari Cipratan Minyak Panas dan Anti Meledak

Artikel ditulis olehCici Hokiku

Otak-otak bisa dimakan begitu saja atau digoreng. Umumnya, tekstur otak-otak menjadi lebih kenyal dan kering jika digoreng, dan banyak orang yang suka dengan otak-otak goreng.

Tapi yang sering menjadi masalah, otak-otak akan meletus atau mencipratkan minyak jika digoreng langsung dalam minyak panas. Hal ini tentu menjengkelkan dan berbahaya. Untuk mengatasinya, berikut ini ada tips menggoreng otak-otak agar tidak meletus dan mencipratkan minyak panas.

1. Balur dengan Tepung

Otak-otak cenderung memiliki permukaan yang basah atau lengket jadi agar tidak meletus saat digoreng, balurkan dengan tepung terigu atau tapioka terlebih dahulu sehingga bisa mengurangi kelembapan otak-otak. Saat dimasukkan ke dalam minyak panas, tidak akan mencipratkan minyak panas.

2. Masukkan ketika Minyak Masih Dingin

Sebelum menyalakan api, masukkan dulu otak-otak ke dalam minyak. Kemudian nyalakan api dan lanjutkan menggoreng otak-otak hingga matang dan mengembang. Gunakan api sedang agar minyak tidak terlalu panas. 

3. Beri Sayatan sebelum Digoreng

Agar tidak meletus, beri sayatan di beberapa bagian otak-otak sehingga bagian dalamnya bisa tergoreng dengan baik. Usahakan juga jumlah minyaknya cukup banyak saat menggoreng otak-otak sehingga panasnya merata.

4. Potong-potong Dahulu

Jika ingin langsung disantap, boleh juga dipotong-potong terlebih dahulu. Cara ini juga bisa mencegah otak-otak meletus saat digoreng dalam minyak panas. Akan lebih aman lagi jika dibalur dulu dengan tepung.

5. Gunakan api sedang atau kecil

Jangan menggunakan api besar, karena suhu yang terlalu tinggi rentan menyebabkan otak-otak meledak saat digoreng. Masukkan otak-otak saat minyak masih dingin kemudian goreng dengan api sedang atau kecil. Boleh saja menyalakan di api besar saat awal, tapi ketika minyak sudah panas, turunkan ke api kecil.

Itu dia sekian tips menggoreng otak-otak agar tidak me niletus atau meledak saat digoreng.

sumber: https://www.fimela.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.