ADVERTISMENT

Tips

Cara Menggunakan Marketplace di Facebook agar Produk Anda Banyak di Lirik Konsumen

Artikel ditulis olehCici Hokiku

Ada beberapa cara jualan laris di facebook yang bisa kamu terapkan untuk jualan online supaya produk kamu bisa terjual laku keras ke konsumen. Yuk, langsung aja nih ikutin caranya sampai selesai ya.

1. Cara Berjualan di Marketplace agar Banyak yang Melirik

Sebelum kamu memulai berjualan di Facebook Marketplace, sebaiknya kamu melakukan riset terlebih dahulu dengan cara memeriksa barang-barang apa yang banyak dicari pada kategori produk yang serupa dengan produk jualamu.

Periksa juga halaman toko yang menjual barang-barang  tersebut.

Cari tahu juga apakah sudah ada produk serupa yang sudah dijual di Facebook Marketplace.

Setelah itu, lihatlah perbedaannya dengan produk yang akan kamu jual, usahakan produkmu memiliki keunggulan dibandingkan produk dari toko lain sehingga lebih menarik minat pembeli.

Selain itu, tinjau harga dan deskripsi produk yang serupa. Jika memungkinkan, tentukanlah harga produk yang sedikit lebih rendah daripada pesaing atau jelaskan mengapa produk yang kamu jual lebih berharga dari produk pesaing.

Dengan mengeksplor Facebook Marketplace sebelum kamu mulai untuk menggunakannya, kamu bisa mendapatkan gambaran tentang ekosistem jual-belinya, standar harga, dan apa saja yang bisa kamu lakukan untuk menarik perhatian para calon pembeli.

Kamu juga bisa menambah nilai dan menemukan keunggulan produk dari pesaing yang menjual produk serupa denganmu.

2. Facebook Ads

80% dari semua pengguna Internet pasti menggunakan Facebook. Bahkan 65% orang dewasa di atas usia 65 tahun juga masih menggunakan Facebook.

Media sosial yang satu ini memiliki milyaran pengguna dan kebanyakan dari mereka pasti akan memeriksa halaman Facebook mereka beberapa kali per hari.

Maka dari itu, manfaatkan Facebook Ads untuk memperluas jangkauan penjualan kamu.

Tetapkan siapa target customer yang ingin kamu capai dan mulailah beriklan. Misalnya, dengan menargetkan iklan produk jualanmu untuk orang-orang berdasarkan usia, peminatan, perilaku, dan lokasi.

Selain menjangkau customer baru, Facebook Ads dapat juga membantumu untuk mempertahankan pelanggan dan mendorong pembeli lama untuk kembali membeli produkmu.

Facebook Ads juga cenderung mempunyai proses yang sangat cepat dengan hasil yang langsung. Kamu bisa menjangkau ribuan orang di setiap hari, membangun branding toko online, sekaligus bisa menarik orang untuk membeli.

Menariknya lagi, beriklan dengan Facebook Ads ini cenderung lebih murah dibandingkan media promosi yang lainnya, seperti iklan radio, iklan televisi, papan reklame, dan media tradisional yang lainnya untuk menjangkau audiens yang sama.

Kamu pun bisa memotong beberapa kampanye iklan lainnya yang memiliki biaya cukup mahal.

3. Optimalkan Penjualan dengan Kata Kunci Relevan Juga Cara Menggunakan Marketplace FB agar Banyak Pembeli

Supaya unggahan produk kamu berada di peringkat atas dalam hasil pencarian dan mudah ditemukan oleh calon pembeli, pastikan kamu menggunakan kata kunci yang tepat.

Optimalkan penjualanmu dengan memasukkan kata kunci utama pada judul dan kata kunci yang berkaitan pada deskripsi produk yang kamu jual.

Contohnya, kamu bisa mencantumkan nama produk, model, warna, jenis atau bahan, kondisi, dan lain-lainnya.

Kamu juga bisa melakukan riset kata kunci terlebih dahulu untuk mengetahui kata kunci apa yang banyak dicari dan ideal untuk produk milikmu.

Setelah menuliskan kata kunci yang relevan dengan produk yang kamu jual, pastikan untuk mengeceknya kembali sebelum dipublikasikan.

4. Pilih Kategori yang Tepat Juga Termasuk Cara Menggunakan Marketplace Supaya Banyak Pembeli

Hindarilah memasukkan terlalu banyak kategori untuk satu produk. Contohnya apabila kamu menjual onderdil, maka jangan memberi label produk elektronik pada listing tersebut.

Hal ini dapat membuat unggahanmu dianggap sebagai spam dan malah dilaporkan atau bahkan bisa diblokir dari Facebook.

Maka pilihlah kategori yang memang sesuai dengan produk yang kamu jual.

Memasukkan kategori dengan sembarangan tak hanya akan mempersulit pengguna tetapi juga bisa membuat unggahanmu lebih sulit untuk ditemukan oleh target customer yang tepat.

5. Informasi Produk yang Lengkap

Tuliskan deskripsi produk sedetail mungkin agar tidak membingungkan calon konsumen. Mulai dari harga, warna, kondisi, stok barang, dan yang lainnya.

Kamu juga dapat memasukkan kata kunci di kolom deskripsi yang berhubungan dengan produk kamu. Contohnya, “outer rajut,” “outer rajut kekinian,” atau “outer untuk OOTD,”.

Ketika calon pembeli mengetikkan kata tersebut, maka barang jualan kamu akan muncul. Kamu juga bisa mencantumkan pilihan kemasan.

Misalnya kamu berjualan hampers, kamu bisa mencantumkan pengemasan dengan box.

Atau jika kamu berjualan makanan, bisa kamu bungkus dengan plastik standing pouch agar tetap terjaga kualitas dan keamanannya.

6. Tawarkan sistem COD Juga Termasuk Cara Menggunakan Marketplace FB Supaya Banyak Pembeli

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Facebook Marketplace tidak memfasilitasi sistem pembayaran. Oleh karena itu, penjual dan pembeli bisa memilih metode transfer atau Cash On Delivery (COD).

Namun, terkadang pembeli cukup ragu untuk mentransfer uang dalam jumlah yang besar.

Untuk meningkatkan rasa kepercayaan pembeli, penjual dapat menawarkan metode pembayaran COD. Kamu dan pembeli akan bertemu di lokasi yang sudah disepakati, kemudian melakukan transaksi di tempat itu.

Tapi, jangan sampai kamu rugi ya, COD juga perlu bensin loh. Jika lokasinya terlalu jauh, kamu bisa bernegosiasi dengan pembeli agar pembeli menambahkan ongkos kirim.

7. Fast Respon dengan Konsumen

Siap-siap untuk membalas pesan dalam jumlah yang banyak. Calon pembeli sangat menyukai seller yang ramah dan fast response.

Kuasai teknik copywriting supaya mereka tertarik untuk membeli produkmu. Edukasi mereka dengan kualitas barang yang kamu jual di toko.

Jika pesan yang masuk semakin banyak dan menumpuk, kamu bisa memanfaatkan aplikasi WhatsApp Business yang memiliki fitur quick replies. Tambahkan nomor ponsel kamu di bagian keterangan produk agar konsumen bisa langsung menghubungimu.

8. Kesepakatan Dengan Pembeli

Cara menggunakan marketplace facebook yang terakhir yaitu kesepakatan dengan pembeli. Pastikan kedua belah pihak menyetujui harga barang tersebut dan lokasi pasti untuk pertemuan pengambilan lokal kamu.

Apabila kamu ragu untuk bertransaksi secara langsung, kamu bisa menggunakan pihak ketiga seperti online marketplace.

Biasanya setelah kamu sepakat harga dengan pembeli, kamu harus membuat kesepakatan dengan pembeli bahwa kamu akan memposting produk yang kamu jual di aplikasi marketplace lainnya.

Dengan begitu pembeli juga merasa aman dan tidak akan ditipu karena saat ini Facebook belum menyediakan layanan transfer antara pembeli dan penjual.

Eh nggak kerasa udah sampai ujung juga pembahasan cara jualan di fb biar laris ini. Nah, jadi giana nih? Ayo, segera terapkan cara-cara di atas untuk bisnis kamu biar cepat laris!

9. Foto Produk Asli dan Menarik

Berhati-hati lah sebelum mengunggah foto produk. Facebook bisa mendeteksi apabila gambar yang kamu gunakan berasal dari toko lain.

Kalau sudah seperti ini, produk kamu tidak akan disetujui untuk dijual di Marketplace. Solusinya, kamu harus menggunakan foto yang asli milikmu sendiri.

Pelajari teknik fotografi dengan HP, manfaatkan cahaya matahari atau lighting agar objek terlihat jelas. Kamu juga dapat menambahkan hingga 10 gambar dalam 1 unggahan produk.

Wah, sudah sampai ujung juga. Lumayan panjang ya penjelasan tentang cara menggunakan marketplace FB supaya banyak pembeli kali ini. Tunggu apa lagi? Ayo segera terapkan di bisnis kamu!

sumber: http://www.searchexceed.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.