ADVERTISMENT

img
Tips

5 Strategi untuk Mempromosikan Usaha di Bidang Produk Oleh-Oleh

5 Strategi untuk Mempromosikan Usaha di Bidang Produk Oleh-Oleh
Artikel ditulis olehCici Hokiku

Oleh-oleh/buah tangan merupakan salah satu barang penting yang wajib dibawa saat kita pulang dari liburan ke suatu tempat destinasi.

Maka tak heran bila industri ini merupakan salah satu penyumbang terbesar pemasukan di sektor pariwisata.

Banyak orang-orang yang memiliki kemampuan mengolah produk yang identik dengan suatu daerah berlomba-lomba untuk terjun ke industri ini.

Tips Memasarkan Produk Oleh-Oleh

Namun sejalan dengan minat yang tinggi, tentu saja membuat peta persaingan pada industri ini juga semakin meningkat.

Maka dari itu penting bagi kamu para pelaku UMKM di industri oleh-oleh atau yang ingin merintis usaha di industri ini memahami strategi-strategi pemasaran akan dapat bersaing di pasar yang sangat kompetitif ini.

Berikut 5 strategi pemasaran oleh-oleh yang dapat kamu lakukan agar dapat menghasilkan keuntungan:

1. Hasilkan Inovasi

Di peta persaingan yang begitu kompetitif, cara yang paling efektif agar produk-mu dapat lebih menonjol dari kompetitor adalah keunikan.

Oleh sebab itu penting bagi kamu untuk melakukan inovasi dari produk-produknya yang sudah ada ditambah identitas produkmu.

2. Buat kemasan produk oleh-oleh yang menarik

Mungkin terlihat sepele, tapi kenyataanya kemasan akan sangat menentukan persepsi pembeli tentang kualitas produk di dalamnya.

Maka dari itu pertimbangkannlah untuk menggunakan kemasan yang menarik agar calon konsumen tertarik membeli produk-mu.

3. Menjalin kerjasama dengan pihak lain

Di era saat ini sudah tidak lagi relevan untuk menunjukan siapa yang terbaik karena yang terpenting adalah hal terbaik apa yang bisa dihasilkan bersama.

Semua itu bisa dilakukan dengan kerja sama, selain bisa saling bertukar pikiran dengan brand lain kamu juga bisa mengembangkan pasar ke arah lebih luas.

4. Manfaatkan Media sosial untuk promosi

Saat ini media sosial selain dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk menjalin silaturahmi dapat juga digunakan sebagai sarana untuk melakukan promosi.

Karena platform media sosial seperti Instagram dan facebook memiliki fitur ads dimana kamu bisa memasang iklan yang akan membantu menjangkau pasar.

5. Gunakan platform e-commerce

Selain media sosial, produk yang lahir di era internet yang memudahkan proses pemasaran dari bisnis UMKM adalah platform e-commerce.

Dengan hadirnya platform e-commerce kamu dapat menjual produk kamu ke seluruh wilayah Indonesia yang tentunya merupakan peluang bagi kamu untuk mengembangkan pasar yang lebih luas.

Saat ini terdapat berbagai platform e-commerce yang ada di pasaran, salah satunya Aneka UKM. 

Itulah tadi 5 strategi pemasaran yang dapat kamu praktekan untuk mengembangkan bisnismu, semoga artikel ini dapat membantumu untuk mengembangkan bisnismu. 

Sumber: https://ladara.id

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.