ADVERTISMENT

img
Tips

Cara Menjadi Agen Sembako Tanpa Mengeluarkan Modal

Cara Menjadi Agen Sembako Tanpa Mengeluarkan Modal
Artikel ditulis olehCici Hokiku

Orang-orang akan terus mencari bahan baku sembako setiap hari, bulan, bahkan tahun. Nah, ternyata ada cara jadi agen sembako tanpa modal buat kamu yang ingin membangun bisnis ini.

Apa hal tersebut mungkin? Bisa jika kamu punya cara yang tepat dan persiapan matang. Biarpun tanpa modal, kamu pun tetap perlu menghitung keuangan dengan baik. Pasalnya, kamu akan menjual puluhan barang sekaligus. Jadi, perhitungannya harus benar-benar detail.

Kamu harus mulai me-list barang-barang yang perpuatarannya cepat untuk jadi pemasukan utama. Lalu, sisipkan produk-produk tersier supaya toko sembako kamu lebih lengkap. Memang, ada banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan untuk meminimalkan modal.

Cara Jadi Agen Sembako Tanpa Modal

Modal yang minim dan mendapatkan keuntungan berlipat pasti jadi idaman para pelaku bisnis. Yuk, simak langkah jadi agen sembako sukses tanpa modal di bawah ini!

1. Memilih tempat strategis

Banyak yang bilang, jualan online bisa dilakukan di mana pun tanpa perlu melihat lokasi. Namun, kamu perlu mempertimbangkan matang-matang untuk memilih lokasi. Orang akan lebih senang saat ada barang-barang yang bisa diantar instant tanpa perlu membayar lebih mahal.

Beruntung jika kamu memiliki tempat tinggal yang strategis untuk menjajakan sembako. Lebih bagusnya lagi jika lokasi tempat pengiriman barang kamu juga bisa sekaligus tempat menjajakan barang belanjaannya.

Kamu juga bisa mengambil opsi menyewa ruko untuk berjualan sembako. Pilih ruko yang dekat dengan permukiman atau komplek padat penduduk. Lokasi tersebut membuka peluang gadangan kamu lebih laris nantinya.

2. Kerja sama dengan distributor dan supplier

Kerja sama ini menjadi sangat penting untuk meminimalkan modal yang dikeluarkan. Kamu bisa mengambil barang lebih dulu, baru membayarnya setelah laku. Bisa juga mendapatkan harga diskon untuk pembelian produk tertentu.

Dalam kerja sama ini, kamu butuh kejujuran supaya bisa dipercaya oleh para distributor dan supplier. Nah, pilihlah produk yang sudah pasti laku untuk dijual dalam waktu singkat. Untuk mengetahuinya, kamu bisa melakukan survei kecil kepada warga sekitar.

Kamu bisa bertanya langsung tentang kebutuhan mereka. Bisa juga melihat demografi penduduk yang paling banyak tinggal di daerah tersebut. Dengan begitu, kamu tahu apa yang harus disediakan dan pasti laku dijual.

3. Menjalin hubungan baik dengan pembeli

Ada pendapat mengatakan bahwa investasi kebaikan itu akan mendapatkan keuntungan berlipat ganda. Begitu juga saat kamu memiliki bisnis agen sembako ini. Kamu perlu berbuat baik kepada lingkungan sekitar dan juga pembeli yang datang.

Baik kepada lingkungan sekitar akan buat mereka memilih berbelanja di tempat kamu ketimbang yang lain. Pasalnya, mereka merasa nyaman dengan perilaku yang kamu tampilkan sehari-hari.

Begitu juga saat ada pelanggan yang datang. Kamu perlu memberikan pelayanan terbaik untuk siapa pun yang datang. Pasar dari agen sembako sebenarnya pemilik kios atau bisnis yang mencari bahan baku. Namun, tidak menutup kemungkinan ada warga yang memang membeli bahan baku di agen untuk dapat harga yang lebih murah.

4. Hadirkan strategi pemasaran yang tepat

Setiap bisnis punya strategi masing-masing. Menjalankan bisnis agen sembako pun perlu strategi pemasaran. Kamu tidak bisa hanya duduk diam, lalu pelanggan datang begitu saja.

Kamu bisa memulai strategi pemasaran yang bisa kamu lakukan di awal adalah memberikan diskon, harga khusus, atau paket bundle. Terapkan promosi tersebut pada barang-barang tertentu.

Mungkin keuntungan yang kamu dapatkan akan sangat kecil atau bahkan tidak ada sama sekali. Namun, kamu bisa menarik pelanggan untuk datang kembali suatu saat nanti.

Kamu pun bisa mulai mendatangi kios dan warung kelontong pada radius tertenu. Ajak mereka kerja sama dengan kesepakatan khusus. Langkah ini pun bisa membuat perputaran barang menjadi lebih cepat.

5. Pasarkan juga secara online

Buat usaha agen sembako kamu naik kelas dengan teknologi. Kamu bisa membuat toko online untuk memudahkan pelanggan memesan produk yang kamu pasarkan. Dengan cara ini pun, kamu bisa menerapkan penjualan dengan sistem pre order (PO).

Kamu tidak perlu modal awal untuk menstok barangnya terlebih dulu. Selain itu, kamu juga bisa menghitung jumlah barang yang akan disediakan nantinya.

Untuk pasar yang lebih besar, kamu juga bisa memanfaat media sosial. Cobalah membuat konten tentang kelengkapan produk sembako yang kamu miliki. Tambahkan layanan-layanan yang kamu berikan, misalnya pengantaran untuk radius tertentu.

Itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjalankan bisnis agen sembako.

Sumber: https://mitrabukalapak.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.